The Best of Queensland

June 1st, 2016 / / Comments Off on The Best of Queensland
Posted in ROADTRIP, TRAVEL

Dijuluki The Sunshine State karena sepanjang tahun disinari matahari, Queensland tak hanya memiliki pantai-pantai terindah, namun juga menawarkan berbagai aktivitas seru, mulai dari mengunjungi galeri seni yang tak kalah uniknya dengan yang ada di Melbourne, menjajal berbagai wahana yang memacu adrenalin di taman hiburannya, melihat pemandangan dari ketinggian dengan balon udara, hingga memanjat dek observasi tertinggi di seluruh penjuru Australia.

 

BRISBANE

Brisbane adalah kota menyenangkan yang dikelilingi taman dan gedung-gedung bersejarah, serta menjadi pintu gerbang ke berbagai atraksi di Queensland. Waktu terbaik mengunjunginya adalah musim semi yang berlangsung antara September hingga November ketika langit cerah dan cuaca hangat dengan hembusan angin yang sejuk.

Queen Street Mall

Pusat perbelanjaan utama di Brisbane ini terletak dekat Brisbane River dan South Bank Parklands, sehingga berbelanja dan bersantap di sini merupakan kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengawali atau mengakhiri hari. Selain menawarkan sejumlah bar dan restoran, shopping street ini memiliki lebih dari 700 toko ritel yang terletak di sisi jalan maupun di dalam mal dan shopping arcarde, seperti QueensPlaza, Wintergarden, Brisbane Arcade, Tattersall’s Arcade, dan The Myer Centre. Selain itu, terdapat juga salon kecantikan, kasino, hotel, dan museum yang semuanya bisa dijangkau dengan jalan kaki. Bila lelah berjalan pun bisa duduk-duduk di salah satu bangku yang disediakan sambil menikmati akses Internet gratis dengan menggunakan jaringan Brisbane Free Wi-Fi. (Akses: Central Train Station)

5

South Bank Parklands

Bisa diakses dari Queen Street Mall dengan jalan kaki selama 15 menit, atau naik bus selama 10 menit, South Bank Parklands yang terletak di tepi Brisbane River ini merupakan area seluas 17,5 hektar yang terdiri dari hutan hujan, lapangan rumput yang cocok untuk berpiknik, serta berbagai objek wisata unggulan Brisbane, termasuk kincir ria Wheel of Brisbane setinggi 60 meter yang menawarkan pemandangan kota 360 derajat, dan pantai buatan Streets Beach yang selalu ramai di akhir pekan. Stanley Street Plaza yang berada di kawasan ini juga menarik untuk dikunjungi. Memiliki berbagai pilihan tempat makan yang menawarkan kuliner yang bervariasi, dari Asia, Turki, India, hingga Mediterania, plaza ini juga menggelar Collective Markets setiap Jumat malam, Sabtu, dan Minggu yang menjual berbagai pernak-pernik untuk rumah tangga dan aksesori unik karya seniman lokal. (Akses: South Brisbane Station/South Bank Station)

Fortitude Valley

Merupakan salah satu pusat nightlife di Brisbane dengan deretan bar dan klub malam yang terkenal, Fortitude Valley juga menarik dikunjungi untuk day trip dengan berbagai galeri seni, kafe funky, dan butik indie terbaik di Brisbane. Sebut saja koleksi busana di Fallow (fallow.com.au) yang terinspirasi dari film noir, Heidi Go Seek untuk dress unik nan glamor, serta Trash Monkey (trashmonkey.com.au) untuk busana vintage, retro, glam rock, hingga yang bergaya Lolita dan Victoria. Chinatown yang ada di sini juga memiliki sejumlah hidden gem, seperti L.L Arts Decor Tea Gallery di mana pengunjungnya bisa menikmati Chinese tea sembari mengagumi berbagai kesenian khas Tiongkok yang menghiasi interiornya. Untuk galeri seni, beberapa yang terbaik adalah Jan Murphy yang memastikan dinding galerinya selalu memajang lukisan-lukisan menarik, Institute of Modern Art yang menawarkan berbagai instalasi seni menarik dari seluruh dunia, serta (M)art & Gallery Artisan dengan toko yang menjual berbagai perabotan rumah, perhiasan, pakaian, dan aksesori dengan desain unik.

3

New Farm Park

Hanya tiga kali pemberhentian dengan naik CityCat dari CBD, taman seluas 15 hektar ini memiliki jungle gym yang dibangun dalam naungan pohon ara raksasa. Selain memanjat mainan tersebut sembari menjajal spider web, seluncuran, atau papan ayun, anak-anak juga bisa diajak ke Brisbane Powerhouse untuk melihat pertunjukan seni, atau berpiknik dengan memanfaatkan fasilitas barbekyu. Bagi yang ingin berjalan santai pun bisa melewati boardwalk dan trek khusus pejalan kaki di sepanjang Brisbane River sambil mengamati cakrawala kota yang berhiaskan deretan pencakar langit dan CityCat yang sesekali melintas di perairannya.

 

GOLD COAST

Memiliki pantai yang membentang hingga 52 kilometer, Gold Coast yang hanya satu jam berkendara dari Brisbane ini juga merupakan salah satu destinasi liburan favorit keluarga dengan berbagai taman hiburan yang menanti untuk dieksplor. Tak jauh dari pusat kota, terhamparlah kawasan pedalaman yang dikelilingi perbukitan dan pegunungan. Selain cocok untuk trekking, di tempat ini jugalah banyak ditemui restoran pemenang penghargaan, galeri seni, pabrik penyulingan, dan perkebunan anggur.

Taman Bermain

Ada banyak taman bermain di Gold Coast, mulai dari Sea World, Warner Bros. Movie World, hingga Dreamworld. Bila menyukai laut, Sea World (seaworld.com.au) memiliki berbagai hewan laut, seperti beruang kutub dan penguin. Sesuai namanya, Warner Bros. Movie World (movieworld.com.au) menghadirkan wahana yang dibuat berdasarkan film-film laris produksi Warner Bros, seperti roller coaster Green Lantern, Superman Escape, serta hadirnya tokoh-tokoh Looney Tunes Bugs Bunny dan Daffy Duck. Sedangkan Dreamworld (dreamworld.com. au) menyuguhkan sejumlah wahana ikonik, seperti Tower of Terror 2 yang ketika pertama kali dibuka untuk umum pada 1997 merupakan roller coaster tercepat dan tertinggi di dunia. Biaya masuk ke masing-masing taman bermain ini 89 dolar dan bisa dipesan online melalui Village Roadshow Theme Parks (themeparks.com.au).

8

Surfers Paradise Beachfront Markets

Setiap Rabu, Jumat, dan Sabtu malam, para penggemar belanja dan pecinta kuliner menuju pasar yang terletak di tepi pantai ini. Menawarkan lebih dari 120 kios, barang-barang yang dijual beragam, mulai dari busana, aksesori, perhiasan, produk kecantikan, kerajinan tangan, lukisan, hingga perabotan rumah tangga. Bila perut lapar pun banyak jajanan lokal yang dijual di sini, selain kafe dan restoran di sekitarnya pun bisa dijangkau dengan jalan kaki. (Jam operasional: 15:00 – 20:00, The Foreshore, Surfers Paradise)

Balon Udara

Gold Coast yang cantik dapat dinikmati dari atas balon udara menjelang matahari terbit selama 30 menit. Di pagi hari, udara stabil dan angin bertiup lembut, sehingga merupakan kondisi yang sempurna bagi balon untuk mengudara dengan aman. Bila cuaca tak memungkinkan untuk terbang, operator akan mengabarkan kepada para tamu satu jam sebelum waktu berkumpul di tempat yang telah ditetapkan. Lokasi penerbangan akan ditentukan oleh pilot di pagi keberangkatan dan setelah menerima panduan singkat tentang keselamatan, maka balon akan mengudara di atas Gold Coast, termasuk di atas Tamborine Mountain dan Lamington National Park.

9

SkyPoint Observation Deck

Setinggi 230 meter, dek observasi tepi pantai satu-satunya di Australia yang menawarkan pemandangan 360 derajat Gold Coast ini paling baik dikunjungi saat hari cerah ketika panorama kota terlihat jelas, dari pantai, deretan pencakar langit, hingga sungai yang membelahnya – ataupun menjelang matahari terbenam ketika suasananya lebih romantis. Bagi pecinta adrenalin, jangan lewatkan juga SkyPoint Climb untuk memanjat hingga ketinggian 270 meter. Setibanya di puncak, pendaki bisa menikmati pemandangan kota tanpa terhalang jendela dan mengambil foto sepuasnya sebelum kembali ke dek observasi. Tiket untuk fasilitas ini mulai 49 dolar untuk anak-anak dan 69 dolar untuk dewasa. (Jam operasional: Minggu – Kamis pukul 07:30 – 19:30 dan Jumat – Sabtu pukul 07:30 – 24:00, tiket mulai 19 dolar, akses: naik G:link dan turun di Surfers Paradise Station)

10

Pacific Fair Shopping Centre

Didirikan 1977, pusat perbelanjaan ini telah mengalami beberapa kali perbaikan dan perluasan, dan pengembangan terakhir yang selesai pertengahan 2016 ini bakal menjadikan Pacific Fair sebagai shopping centre terbesar di Queensland. Memiliki interior unik dengan taman tropis dan kolam besar yang menghiasinya, pusat perbelanjaan ini menawarkan deretan butik untuk busana mewah dan high-street, bar dan restoran, fasilitas hiburan dalam dan ruang luar kelas dunia, serta lebih dari 400 toko ritel. Beberapa tenant-nya antara lain Event Cinemas, department store David Jones, Myer, Target, Kmart, serta supermarket Woolworths dan Coles. (Akses: naik G:link dan turun di Broadbeach South Station)

 

Teks: Melinda Yuliani

Foto: Anton Chandra, Shutterstock

Artikel lengkapnya bisa dibaca di majalah Panorama edisi Mei-Juni 2016