Si Pencuri Perhatian di 2018

March 7th, 2018 / / Comments Off on Si Pencuri Perhatian di 2018
Posted in On the Road

Seperti permainan daring, semakin sering dan mahir bermain, level permainan pun akan semakin naik. Sama halnya dengan para pejalan yang aktif menjelajahi banyak tempat di belahan bumi ini, timbul keinginan untuk singgah di tempat-tempat yang masih asing dan berbeda dari tempat-tempat yang pernah dikunjungi. Bagi yang ingin mencari inspirasi baru, sudut pandang baru, dan destinasi yang belum terlalu jamak dikunjungi wisatawan Indonesia, namun menjanjikan sejuta pesona, inilah 10 kota di dunia yang akan menarik perhatian di 2018.

1. Havana, Kuba

Kota Tua Havana yang dibangun 1519 merupakan kawasan terbaik untuk memahami Kuba. Karena merupakan pusat kota, jalan-jalan di seputaran kawasan ini dikelilingi bangunan-bangunan penting dengan arsitektur menawan, seperti Plaza Vieja atau alun-alun kota yang juga dimanfaatkan sebagai pasar terbuka tempat warganya bersosialisasi sekaligus memenuhi kebutuhan sehari-hari; dan Katedral de la Habana yang memiliki dua menara bergaya barok yang menambah cantik wajah kota.

2. Ninh Binh, Vietnam

Jika bertandang ke Hanoi, perjalanan singkat ke Halong Bay atau bertualang ke kawasan pegunungan Sapa biasanya akan dimasukkan dalam jadwal kunjung. Namun, semenjak film Kong: Skull Island beredar, pejalan mulai melirik lokasi syutingnya di Ninh Binh yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Hanoi. Paduan julangan perbukitan karst dengan hamparan sawah yang dibelah Sungai Ngo Dong, serta suasana pedesaan yang asri, menjadi alasan yang cukup kuat untuk berkunjung ke sini.

3. Porto, Portugal

Kota terbesar kedua di Portugal ini menuai decak kagum berkat lanskapnya yang memadukan kawasan urban, cagar alam, dan kawasan bersejarah. Berbeda dengan Lisbon, biaya hidup di Porto lebih murah, selain warganya lebih ramah dan suasana kotanya lebih autentik. Portugal merupakan salah satu tujuan wisata kuliner terbaik di Eropa, dan predikat ini berhutang pada Porto yang merupakan tempat asal cozido (aneka rebusan sayur, daging, dan sosis), hidangan nasional Portugal – dan sandwich Francesinha (roti isi ham, sosis, atau steik kemudian disiram keju cair, saus tomat, dan saus dari bir) yang lezat sekaligus eksotis.

4. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Abu Dhabi mulai serius membuat para pejalan dunia untuk mempertimbangkannya sebagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi tahun ini. Fakta penting bahwa Abu Dhabi adalah ibu kota Uni Emirat Arab kerap terlupakan. Namun untuk ukuran pusat pemerintahan, suasana Abu Dhabi jauh lebih santai dan tidak seramai Dubai, bahkan selama puncak liburan yang berlangsung Oktober hingga Maret sekalipun.

5. San Sebastián, Spanyol

Bilbao memang merupakan kota terbesar di Basque Country, namun San Sebastián lah yang mulai mencuri perhatian dengan pantai budaya, dan yang paling dipuji, kulinernya. Begitu mudah untuk jatuh cinta dengan ragam kuliner di San Sebastián, di mana pintxos (sejenis tapas, dengan aneka roti yang diberi topping dengan ditusuk menggunakan tusuk gigi) memang berasal dari sini.

* Baca selengkapnya di majalah Panorama edisi Februari – Maret 2018. 
Teks: Priscilla Picauly