Rovaniemi, Tempat Cahaya Utara Menampakkan Diri

March 18th, 2019 / / Comments Off on Rovaniemi, Tempat Cahaya Utara Menampakkan Diri
Posted in On the Road

Si Cahaya Utara atau Aurora Borealis adalah reaksi yang terjadi ketika partikel dari matahari bertemu gas di atmosfer bumi. Namun menurut cerita rakyat suku Sami, suka asli di kawasan kutub utara, Aurora terjadi karena seekor rubah berlarian di perbukitan Lapland dan derap kaki serta ekornya membuat butiran salju beterbangan dan di langit utara. Percikan-percikan salju tersebut kemudian membentuk cincin api yang menerangi malam. Oleh karena itu, warga Finlandia menyebut Cahaya Utara sebagai revontulet atau secara harfiah berarti fox fire.

Pendaran indah bagai permainan cahaya neon yang setiap kali dapat berlangsung beberapa menit dan bahkan berjam-jam.Aurora Borealis biasanya muncul antara pukul 22:00 dan 02:00, namun bisa juga pukul 19:00 pun sudah terlihat. Di Finlandia, terutama di kawasan Rovaniemi, rata-rata Aurora Borealis terlihat dalam 150 malam per tahunnya, mulai pertengahan Agustus hingga awal April.

Kemunculan sang Cahaya Utara memang terduga, namun dapat diprediksi dengan memperhitungkan kondisi-kondisi tertentu. Ia biasanya muncul di malam yang gelap pekat tanpa cahaya buatan apa pun di sekitarnya dan langit dalam keadaan bersih, di mana hal ini merupakan ciri-ciri kawasan terpencil. Berada di utara Finlandia, tepatnya di Provinsi Laplandia, Rovaniemi dijuluki Kota Es karena musim dinginnya panjang dan ekstrem. Bila bukan karena Aurora Borealis, Rovaniemi mungkin tak pernah diperhitungkan sebagai tempat yang ingin dikunjungi untuk berlibur.

Tak Jauh dari Pusat Kota

Banyak spot untuk menikmati kemunculan sang Cahaya Utara di Rovaniemi dan rata-rata berada tak jauh dari pusat kota. Arctic Garden di belakang museum Arktikum adalah salah satunya dan hanya 10 menit berjalan kaki dari pusat kota. Asosiasi Industri Pertamanan Finlandia pun pernah menobatkan Arctic Garden sebagai salah satu dari 100 taman terbaik di Finlandia. Bagi masyarakat Rovaniemi sendiri, taman ini adalah taman favorit mereka karena di sinilah mereka dapat berjalan santai, berolahraga, menggelar piknik, dan bahkan sekolah-sekolah pun mengajak para muridnya ke sini untuk mempelajari berbagai spesies pohon endemik kutub. Dari sekitar 500 spesies tanaman kutub, Arctic Garden memiliki setidaknya 14 spesies. Taman ini dibangun pada 1992 oleh Arktikum yang bekerja sama dengan Universitas Oulu dan sekolah pertamanan setempat, Pöykkölä.

Bila ingin lebih jauh dari keramaian namun tak terlalu jauh dari pusat kota, dapat menuju puncak Ounasvaara yang dikelilingi resor ski. Seorang fotografer setempat pernah membocorkan salah satu tempat favoritnya untuk memotret Aurora di Rovaniemi adalah di Ounasvaara, tepatnya beberapa ratus meter di sisi timur Sky Hotel ke arah lift Stasiun Tottorakka.

Walau telah terdapat aplikasi yang dapat meramalkan kemunculan Cahaya Utara, namun tetap diperlukan kesediaan untuk menunggunya di kegelapan malam yang dingin. Kadang waktu penantian itu bisa berjam-jam dan bagi yang tidak biasa terpapar udara dingin, tentu hal ini menjadi kurang nyaman. Itulah sebabnya Arctic TreeHouse Hotel (arctictreehousehotel.com) hadir dengan tak hanya menyediakan akomodasi mewah yang memadukan tradisi Lapland dan desain modern khas Skandinavia, namun lokasinya yang terpencil dikelilingi hutan pun membuat para tamu dapat menikmati pendaran Aurora Borealis dari kenyamanan dan kehangatan kamar mereka. 

Kamar di Tengah Hutan

Kamar-kamarnya dibangun di tengah hutan dengan mengikuti kontur permukaan tanah yang ada, selain tanpa menebang pohon di sekitarnya, sehingga memberikan pengalaman tinggal di “sarang” bagai hewan liar yang hidup di hutan. Namun tanpa harus kedinginan karena beberapa tipe kamar dilengkapi perapian dan kitchenette untuk membuat minuman panas, selain ruangan sauna untuk menghangatkan tubuh.

Hotel ini dibangun dengan ramah lingkungan, di mana setiap suite dibangun dari kayu-kayu yang tersedia di Finlandia dan beragam bahan daur ulang atau yang diproduksi secara bertanggung jawab. Interiornya pun dirancang untuk semaksimal mungkin memanfaatkan cahaya alami (supaya tidak perlu banyak lampu yang dapat menganggu kemunculan Aurora Borealis). Itulah sebabnya jendelanya pun berfungsi sebagai dinding, terutama yang menghadap arah utara untuk dapat menikmati sang Cahaya Utara dari kamar. Interiornya ditata modern dengan berbagai fasilitas canggih untuk menambah kenyamanan, seperti koneksi Wi-Fi gratis, mesin pembuat espresso, penjerang air, kulkas minibar, dan televisi layar datar.

Pemilik akomodasi mewah ini memang dari kecil dekat dengan alam khas Arctic yang unik dan sangat rentan terancam punah karena pemanasan global telah mengubah banyak tatanan ekosistem kutub, sehingga mereka pun ingin setiap tamu yang tinggal di sini mendapatkan paparan alam Arctic semaksimal mungkin. Itulah sebabnya ketimbang membangun gedung berisi kamar-kamar, arsitek hotel ini merancang kamar-kamar sebagai unit-unit individual yang tersebar di lereng bukit yang terjal. Hotel ini juga dilengkapi restoran yang menyajikan aneka makanan yang bahan-bahannya berasal dari kawasan Lapland, di mana harga menginap per malam termasuk sarapan di restoran tersebut.

Selagi Menunggu Aurora

Selagi menunggu kemunculan Aurora Borealis di malam hari, siang hari banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Rovaniemi. Salah satunya mengunjungi Desa Santa Klaus, kombinasi antara desa wisata dan theme park yang merekonstruksi kediaman tokoh Bapak Natal dan terletak delapan kilometer utara Rovaniemi. Jangan lewatkan juga kunjungan ke peternakan rusa kutub Sirmarkko (sirmakko.fi) yang dapat diakses dengan naik taksi atau mobil sewaan selama 45 menit dari pusat kota.

Masyarakat Finlandia memiliki kebiasaan unik, yaitu berenang di musim dingin yang suhu airnya empat derajat Celsius. Bila tertantang melakukan kebiasaan warga setempat, bertolaklah ke Koskipuisto Park, di mana Sungai Kemijoki yang membeku dari Oktober hingga April sebagian akan dilubangi esnya agar warga dapat berendam di airnya yang sedingin es. Namun jangan khawatir, di tepi sungai telah disediakan tenda sauna untuk menghangatkan badan setelah keluar dari air es. Kombinasi mendinginkan dan menghangatkan tubuh akan berefek pada lancarnya peredaran darah sehingga tubuh pun akan lebih bugar. Tertarik mencoba bila ke Rovaniemi?

AKSES

Singapore Airlines melakukan code share dengan Finn Air untuk terbang ke Helsinki via Singapura. Dari Helsinki, penerbangan ke Rovaniemi dilanjutkan dengan Finn Air selama satu jam dan 20 menit.