Rekomendasi Kota-kota Kecil di Italia yang Layak Dikunjungi (Bagian 2)

July 9th, 2020 / / Comments Off on Rekomendasi Kota-kota Kecil di Italia yang Layak Dikunjungi (Bagian 2)
Posted in On the Road

Roma, Milan, Naples, Florence, kota-kota populer ini meraup banyak kunjungan dari turis internasional. Akibatnya, suasana kota padat turis saat musim panas dan biaya hidup lebih tinggi dibanding wilayah lain. Pejalan yang ingin menikmati Italia yang lebih tenang, kental dengan kultur tradisional, tapi sama menariknya seperti kota-kota besar, dapat mengunjungi alternatif destinasi. Inilah rekomendasi kota-kota kecil di Italia yang layak dikunjungi.

  • Ravenna

Terletak di pantai timur Italia, di antara San Marino dan Bologna, Ravenna sempat menjadi ibu kota Kekaisaran Romawi Barat dan Kerajaan Ostrogoth. Perannya dalam sejarah masa lalu dapat terlihat pada sejumlah bangunan penting dan beberapa Situs Warisan Dunia UNESCO yang masih terpelihara dengan baik. Selain itu, Ravenna yang strategis menawarkan akses ke sejumlah resor-resor pantai, dekat dengan Laut Adriatik dan Florence yang menjadi tujuan populer. Berjalan kakilah menyusuri alun-alun kota, melihat gereja-gejeja berarsitektur mengagumkan, termasuk singgah di makam penulis legendaris, Dante Alighieri.

  • Lucca

Kota bersejarah di Tuscany ini berada dekat Pisa dan dikenal sebagai Kota Seratus Gereja. Tembok kota Abad Pertengahan menjadikan Lucca terkenal di seluruh Italia, karena masih kokoh berdiri mengelilingi sebagian besar kota tuanya. Sejarah panjang Lucca meliputi tempat pertemuan penting antara Julius Caesar dan Crassus, menjadi republik merdeka selama 500 tahun, ditaklukkan Napoleon, hingga menjadi wisata populer karena berada dekat Pisa. Pastikan mengunjungi jajaran gereja di Lucca, seperti Lucca Cathedral dan San Michele di Foro.

  • Padua

Komune yang terletak di wilayah Veneto ini sering dianggap sebagai bagian dari Venesia dan Treviso. Ikonis dengan Sungai Bacchiglione, Padua begitu indah dan menawan dengan arsitekturnya, jembatan yang melintasi sungai, dan University of Padua yang pernah menerima kunjungan dari Galileo. Sebagai salah satu kota tertua di Italia, banyak yang terjadi di Padua, termasuk pernah diserang Hun dan Goth, juga menjadi sentra penting di Abad Pertengahan dan Renaissance melalui universitasnya.

  • Mantova

Disebut juga Mantua, kota bersejarah ini dikelilingi tiga danau dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2008 berdasarkan perencanaan dan arsitektur Renaissance dan merupakan bagian dari UNESCO Quadrilateral, distrik kota bersejarah di timur laut Italia. Berada di antara Bologna dan Parma, Mantova memiliki Istana Ducal yang layaknya kota mini dengan lebih dari 500 kamar, juga jajaran lukisan dinding tercantik di Italia.

  • Brescia

Merupakan kota terbesar kedua di wilayah Lombardy, yang terletak di antara Danau Garda dan Iseo, Brescia dapat diakses menggunakan kereta dari Milan, Cremona, Danau Iseo, maupun Val Camonica. Brescia populer dengan balapan mobil bersejarah, Mille Miglia yang diadakan saat musim semi, juga Festival San Faustino dan Giovita, salah satu festival terbesar yang digelar tiap Februari.