Rekomendasi Kota-kota Kecil di Italia yang Layak Dikunjungi (Bagian 1)

July 8th, 2020 / / Comments Off on Rekomendasi Kota-kota Kecil di Italia yang Layak Dikunjungi (Bagian 1)
Posted in On the Road

Roma, Milan, Naples, Florence, kota-kota populer ini meraup banyak kunjungan dari turis internasional. Akibatnya, suasana kota padat turis saat musim panas dan biaya hidup lebih tinggi dibanding wilayah lain. Pejalan yang ingin menikmati Italia yang lebih tenang, kental dengan kultur tradisional, tapi sama menariknya seperti kota-kota besar, dapat mengunjungi alternatif destinasi. Inilah rekomendasi kota-kota kecil di Italia yang layak dikunjungi.

  • Matera

Berada di sisi selatan Italia, memang perlu usaha untuk mencapai Matera karena letaknya di luar jalur utama. Kota ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO berkat rumah-rumah tua dan gereja kuno, yang beberapa di antaranya direnovasi untuk dijadikan hotel gua. Selama berabad-abad, para peziarah kerap mengunjungi gereja-gereja di Matera.

  • Parma

Terkenal dengan keju dan hamnya, Parma memiliki situs sejarah yang menarik, Baptistery dari abad 12 yang merupakan monumen penting dengan interior yang dilapisi lukisan dinding menakjubkan. Sejumlah museum dan acara penting ditawarkan Parma, menjadikan kunjungan di sini sama berkesannya dengan kota-kota sarat sejarah lainnya di Italia.

  • Urbino

Kota perbukitan di wilayah Marche, Urbino, dikenal sebagai pusat Renaissance yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Adalah Ducal Palace yang memiliki koleksi lukisan Renaissance terbaik di Italia. Kota ini juga ikonis dengan keramik dan budaya majolica, serta memiliki universitas berusia lebih dari empat abad.

  • Cremona

Masuk dalam wilayah Lombardy di utara Italia, Cremona terkenal sebagai kota penghasil biola berkualitas terbaik. Juga merupakan pusat sejarah, Cremona kaya dengan monumen-monumen terbaik yang berada di sekitar alun-alun kota. Yang populer adalah menara jam dari abad 13 setinggi lebih dari 100 meter, yang dinobatkan sebagai menara batu bata tertinggi kedua di Eropa.

  • Lecce

Lecce kerap dijuluki Florence of the South karena kota ini semarak dengan monumen-monumen bergaya Barok yang artistik. Berada di wilayah Puglia di selatan Italia, wisatawan dapat mengenal Lecce dengan mengunjungi kastel, sisa-sisa amfiteater Romawi, museum arkeologi, atau cukup berjalan kaki menyusuri kota.