Pantai-pantai Terindah di Dunia

March 30th, 2017 / / Comments Off on Pantai-pantai Terindah di Dunia
Posted in On the Road

25 pantai berikut kami pilih tidak saja karena indah bak pemandangan di kartu-kartu pos, namun juga memiliki aspek lain yang istimewa, entah karena pasirnya yang ekstra putih, formasi tebing di sekitarnya, benda-benda aneh yang berserakan, atau justru malah karena sederet larangan yang diberlakukan.

1. Whitehaven, Pulau Whitsunday, Queensland


Merupakan bagian dari Whitsunday Islands National Park, pantai sepanjang tujuh kilometer ini pernah dianugerahi gelar Pantai Terbersih di Australia karena kondisinya sangat terjaga. Pengunjung dilarang membawa anjing ke sini, selain merokok pun dilarang. Namun yang membuat pasirnya putih berkilauan sehingga memberikan kesan bersih adalah kandungan 98 persen silika atau mineral campuran silikon dan oksigen yang bersifat tidak menyerap panas. Di hari yang terik, berjalan telanjang kaki di sini tetap terasa nyaman.

 

2. Pasih Uug, Nusa Penida


Topografi Nusa Penida akan membuat siapa pun merasa telah melihat pantai terindah di dunia. Dikelilingi sabana dengan sapi merumput di sana-sini, Pasih Uug adalah karang yang terkena erosi sehingga timbul lubang menganga di tengahnya dan kemudian berfungsi sebagai pemecah ombak alami. Karena bentuknya itulah, pantai ini dijuluki Broken Beach. Setiap kali ombak menghantam dinding karang, terdengar gemuruh yang menakutkan.

 

3. El Nido, Filipina


Berada di utara Palawan, El Nido memiliki 45 pulau yang dikelilingi julangan tebing dan bebatuan karst yang menyembul dari permukaan air yang sekilas mengingatkan akan Raja Ampat, dengan laguna menawan yang dibingkai pasir putih. Cara terbaik menjelajahi kepulauan ini adalah dengan mengikuti tur yang biasanya dipadukan dengan snorkeling atau scuba diving untuk melihat formasi terumbu karang unik dan berbagai fauna laut, termasuk hiu paus, sapi laut, pari manta, penyu, dan lumba-lumba.

 

4. Ko Phi Phi Don, Thailand


Dapat diakses dengan feri, baik dari Krabi maupun Phuket, pulau ini terkenal dengan tebing-tebing batu kapurnya, perairan yang sehijau zamrud, dan kehidupan malam yang semarak. Ko Phi Phi Don merupakan bagian dari cagar alam, sehingga kendaraan bermotor dilarang di sini. Namun tak perlu khawatir, karena semua pantainya dapat diakses dengan berjalan kaki atau naik kapal. Beberapa pantai terbaiknya adalah Monkey Beach, yang sesuai namanya merupakan rumah bagi koloni monyet, selain Laem Tong Beach yang tenang dan terpencil, dan Loh Dalum Bay yang semakin ramai di malam hari dengan bar-bar tepi pantainya yang meriah.

 

5. Lanikai, Hawaii


Berarti “samudra surgawi” dalam bahasa setempat, Pantai Lanikai tak hanya merupakan pantai tercantik di Pulau Oahu, namun juga salah satu pantai terindah di dunia. Memiliki air sebening kristal yang tenang, Lanikai memiliki situs snorkeling terbaik, terutama di antara Mokumanu Drive dan Haokea Drive. Selain snorkeling, pengunjung juga bisa mengayuh kayak menuju Moku Nui, salah satu pulau di seberang Lanikai, untuk mengeksplor tebing-tebing eksotisnya atau sekadar melewatkan hari dengan bersantai di tepi pantai dan menikmati makan siang berupa daging yang dipanggang sendiri.

 

*Baca selengkapnya di majalah Panorama edisi Maret – Mei 2017.
Teks: Melinda Yuliani, Arris Riehady, Fransiska Anggraini