Menginap di Kastel ala Bangsawan (Bagian 2)

May 9th, 2019 / / Comments Off on Menginap di Kastel ala Bangsawan (Bagian 2)
Posted in On the Road

Bagi yang ingin beberapa hari tinggal di sebuah kastel bersejarah dan mencicipi kehidupan bak keluarga kerajaan di Eropa, kami merekomendasikan kastel-kastel istimewa berikut. Seleksi ini kami buat berdasarkan bentuk bangunan yang tak hanya megah dan kaya kisah, namun juga di sekitarnya banyak atraksi yang dapat dikunjungi untuk sebuah perjalanan berkesan.

HIGHCLERE CASTLE, HAMPSHIRE

Dibangun pada 1679, Highclere Castle (highclerecastle.co.uk) yang berdiri megah di Hampshire, Inggris, ini tak hanya menjadi kebanggaan keluarga Carnarvon selama berabad-abad, tapi juga menjadi identitas Downtown Abbey, serial televisi peraih Emmy Award yang menjadikan kastel ini latar untuk kisah keluarga aristokrat Crawley. Tak dipungkiri bahwa kunjungan ke Highclere Castle dari tahun ke tahun meningkat berkat kesuksesan serial produksi Inggris tersebut. Terlebih sejak beredar kabar Downtown Abbey sedang dibuat versi layar lebarnya dan syuting kembali dilakukan di di Highclere Castle. Pada 23 Juni 2019 di kastel ini akan digelar konser musik yang menampilkan klip dan montase serial Downtown Abbey yang dipandu oleh Jim Carter yang memerankan Mr. Carson selama enam musim. Kabarnya, tiket telah habis terjual.

Yang paling menarik perhatian dari interior kastel ini adalah Saloon Room yang bergaya Gothic dan dirancang oleh oleh Thomas Allom bagi Earl ke-4. Rampung pada 1860-an, Saloon Room tampil mengagumkan dengan dinding-dinding berlapiskan kulit yang didatangkan dari Cordoba, Spanyol. Selain itu, di ruangan ini juga terdapat panel-panel ruangan yang mirip dengan yang terdapat di Rijkmuseum, Amsterdam. Memasuki Music Room yang langit-langitnya bergaya Barok dengan lukisan karya Francis Hayman yang dibuat pada 1730-an, pengunjung pun dapat melihat detail sulaman asli Italia dari abad ke-16 pada lukisan tersebut. Di lantai pertama terdapat 12 kamar tidur yang sempat difungsikan sebagai rumah sakit militer pada Perang Dunia I. Kamar tidur Arundel menjadi ruang operasi dan ruang ganti di dekatnya menjadi ruang pemulihan. Sedangkan di lantai dua dan tiga terdapat puluhan kamar dan ruangan kantor.

Highclere Castle memang tidak menerima tamu untuk menginap. Sebagai gantinya, tempat ini menyediakan area menginap yang masih di dalam kawasan kastel, yaitu Grotto Lodge dan London Lodge. Grotto Lodge merupakan hunian unik yang dirancang oleh Thomas Allom sekitar 175 tahun lalu. Berada di Wayfarers Way yang dekat desa setempat, menginap di sini berarti berkesempatan untuk berjalan santai pada pagi atau soreh hari ke kota Hungerford yang terkenal dengan pasar barang antiknya. London Lodge yang berada di gerbang masuk menuju Highclere Castle dibangun pada 1793 oleh Earl Carnarvon I. Akomodasi ini jauh dari kesan mewah, melainkan seperti rumah pertanian yang nyaman dengan dekorasi sederhana, seperti perapian dari kayu Chesneys dan jendela-jendela dari kayu ek.

Berbeda dengan kastel-kastel lain di Britania Raya, Highclere Castle menyelipkan nuansa Mesir Kuno yang diawali dari kisah penjelajahan Earl Carnarvon ke-5 bersama rekan arkeologisnya, Howard Carter pada 1922 untuk menemukan makam putra Firaun, Tutankhamun. Keduanya telah bekerja sama selama belasan tahun, hingga kemudian Lord Carnarvon memperoleh izin untuk menggali kawasan di Luxor, Valley of the Kings, dan Delta Sungai Nil dekat Aleksandria. Untuk memudahkan selama ekspedisi, Lord Carnarvon membangun sebuah rumah tak jauh dari The Valley of the Kings yang dijuluki Castle Carter, nama sang partner.

Dalam ekspedisi tersebut, Lord Carnarvon menemukan sejumlah artefak penting dan setelah ia meninggal pada 1923, koleksi tersebut dijual ke Museum Metropolitan New York. Walau begitu, pengunjung masih berkesempatan untuk melihat temuan Carnarvon dan Carter di Ruang Purbakala yang ada di Kastel Highclere, seperti aneka perhiasan, guci, dan peti mati seorang wanita bangsawan yang berasal dari 3.500 tahun lalu, selain sekitar 60 replika barang-barang, lukisan dinding makam, dan arsip fotografi.

AKSES

Dari Jakarta menuju London menggunakan Singapore Airlines (singaporeair.com) dengan transit di Singapura. Dari Bandara Internasional Heathrow kemudian menuju Highclere Castle menggunakan taksi (wheelstaxis.co.uk, gogreentaxosltd.co.uk, capitaltaxitours.co.uk) atau layanan mobil antar-jemput (broadway-cars.com) selama sekitar satu jam.