Menginap di Kastel ala Bangsawan (Bagian 1)

May 9th, 2019 / / Comments Off on Menginap di Kastel ala Bangsawan (Bagian 1)
Posted in On the Road

Bagi yang ingin beberapa hari tinggal di sebuah kastel bersejarah dan mencicipi kehidupan bak keluarga kerajaan di Eropa, kami merekomendasikan kastel-kastel istimewa berikut. Seleksi ini kami buat berdasarkan bentuk bangunan yang tak hanya megah dan kaya kisah, namun juga di sekitarnya banyak atraksi yang dapat dikunjungi untuk sebuah perjalanan berkesan.

ASHFORD CASTLE, IRLANDIA

King George V, Queen Mary, John Lennon, George Harisson, Oscar Wilde, Ronald Reagan, Pangeran Edward, hingga Brad Pitt dan Pierce Brosnan adalah segelintir orang ternama yang pernah mengunjungi Ashford Castle (ashfordcastle.com), kastel abad pertengahan yang sebelum diubah menjadi hotel bintang lima sempat dimiliki keluarga Guiness. Kastel berusia lebih dari 800 tahun yang dipagari oleh gerbang batu raksasa ini tetap megah, kokoh tak tergoyahkan. Sejarah mencatat kastel ini didirikan oleh keluarga ningrat Anglo-Norman, de Burgo atau yang dikenal sebagai House of Burke, pada 1228. Beberapa abad kemudian, tepatnya pada 1852, Sir Benjamin Lee Guiness membeli kastel ini dan melakukan perluasan lahan hingga 10.000-an hektar. Sejarah terus mencatat pergantian kepemilikan kastel, hingga akhirnya pada Mei 2013, kastel dibeli oleh Red Carnation Hotels untuk dipugar agar kondisinya seperti sedia kala.

Sejumlah 83 kamar dan suite yang ditawarkan Ashford Castle memancarkan keanggunan dalam sentuhan tradisional. Ditata dengan karakter yang kuat dalam palet warna mencolok untuk meninggalkan kesan mendalam, yang istimewa adalah Lake View Deluxe Room yang baru direnovasi dan sesuai namanya, menampilkan pemandangan menghadap danau. Kamar ini ditata dengan perabot antik, seperti sulaman sutera di tempat tidur bergaya Barok yang dibuat untuk Friedrich Christian Freiherr von Spee di abad 17, lukisan Louis XV, dan meja tulis buatan Satinwood and Rosewood buatan 1900-an.

Salah satu suite di sini dinamai Reagan Presidential Suite karena mantan presiden Amerika Serikat yang juga teman dekat mantan pemilik kastel, John A. Mulcahy, pernah menginap di kamar tersebut pada 1984. Terletak di sayap tertua kastel, Reagan Presidential Suite dihiasi dengan barang-barang yang masih autentik, seperti perapian, tempat tidur bergaya George III, sejumlah potret klasik, serta pernak-pernik antik lainnya. Suite ini juga dirancang agar para tamu dapat menikmati pemandangan Lough Corrib sepuasnya melalui jendela besar yang terpasang penuh, dari lantai hingga langit-langit. Suite lain yang diunggulkan Ashford Castle adalah Kennedy Suite yang namanya diambil dari dari Senator Amerika Serikat asal Massachusetts, Ted Kennedy, yang juga pernah menginap di sini sekitar 1980-an.

Walau merupakan bangunan kuno, namun Ashford tetap menawarkan fasilitas modern, seperti ruang Cinema berkapasitas 30 orang yang merupakan salah satu proyek dalam pemugaran hotel setelah diambil alih Red Carnation Hotels. Proyek pemugaran yang lain meliputi pembangunan Billiards Room, Cigar Terrace, dan wine tasting tunnel.

Untuk relaksasi, layanan spa di Ashford Castle telah diakui sebagai salah satu yang terbaik di Irlandia. Tak hanya karena didedikasikan bagi pemulihan kebugaran dan keseimbangan jiwa maupun raga, namun ruangan-ruangan perawatannya pun ditata apik dengan tiga lampu gantung dari material kerang, beserta mural Tree of Life yang membentang sepanjang kolam untuk relaksasi. Memiliki lima ruang perawatan dengan teknologi PureFlowTM terkini, yaitu teknologi perawatan kardiologi yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan umur panjang pada tubuh, serta meningkatkan aliran darah. Ashford Castle tercatat merupakan properti pertama di Irlandia yang menerapkan teknologi ini dalam perawatan spanya. Selain menikmati teknologi kebugaran muktahir tersebut, para tamu juga dapat mencicipi mandi Hammam yang eksotis, terapi di ruang uap yang menenangkan, dan sesudahnya, duduk-duduk santai di teras sambil menikmati pemandangan Lough Corrib, danau terbesar di Irlandia.

Ashford Castle menawarkan aktivitas berkuda selama satu jam, setengah hari, bahkan sehari penuh. Yang belum pernah berkuda dapat belajar karena di sini tersedia kursus berkuda privat. Anak-anak pun akan senang jika diajak menunggang kuda poni yang dibimbing pemandu di sepanjang trek yang aman atau naik kereta kuda keliling kastel. Aktivitas menarik lain yang ditawarkan sekitar Ashford Castle adalah berjalan-jalan bersama burung hawk, burung predator sejenis elang. Para tamu juga dapat mencoba menerbangkan burung in, tentunya dengan didampingi instrukstur profesional, selain berkunjung ke Falconry School dengan sebelumnya memberitahukan kedatangan dengan melayangkan surat elektronik ke info@falconry.ie.

AKSES
Dari Jakarta menuju Dublin menggunakan maskapai Qatar Airways (qatarairways.com) dengan transit di Doha. Setibanya di bandara Dublin, perjalanan ke Ashford Castle dapat dilanjutkan dengan menyewa mobil dan menempuh perjalanan selama sekitar tiga jam. Jasa sewa mobil terpercaya di Dublin, antara lain Irish Car Rental (irishcarrentals.com).