Mencari Popeye di Sweethaven Village

March 19th, 2020 / / Comments Off on Mencari Popeye di Sweethaven Village
Posted in On the Road

Sering direkomendasikan untuk dikunjungi saat berada di Malta, Popeye Village merupakan taman hiburan cantik yang berada di Anchor Bay, yang dibangun untuk produksi film live-action musical, Popeye (1980) yang dibintangi Robin Williams. Begitu artistik dengan rumah-rumah di pesisir, Popeye Village disulap menjadi destinasi favorit untuk bertemu dengan tokoh kartun Popeye dan kekasihnya, Olive.

Berjarak sekitar tiga kilometer dari pusat Desa Mellieħa, Popeye Village atau yang disebut juga Sweethaven Village terdiri kumpulan bangunan yang tampak reyot, namun penuh warna-warna terang. Sweethaven Village merupakan lokasi di mana Popeye sang pelaut datang untuk mencari ayahnya yang telah lama hilang.

Desa untuk produksi film Popeye ini mulai dibangun pada Juni 1979 dan membutuhkan waktu tujuh bulan untuk mendirikan 19 bangunan yang terbuat dari ribuan kayu yang diimpor dari Belanda. Berada di tepian pantai, tim produksi juga membangun pemecah gelombang setinggi 60 hingga 75 meter, yang diletakkan di sekitar bibir Anchor Bay.

Main ke Rumah Popeye

Pengunjung Popeye Village dapat bertamu di rumah Popeye, melihat langsung kediamannya, tempat tidurnya, dan berbagai perabot di dalamnya. Selain itu, sekeliling desa dapat ditemui juga bangunan sekolah, rumah pemadam kebakaran, tempat menjual roti, benar-benar seperti berada di desa sesungguhnya.

Tak hanya berkunjung ke rumah Popeye, pengunjung pun dapat berperan sebagai Popeye dengan mengenakan kostum pelaut yang menjadi ciri khasnya, kemudian berperan layaknya bintang film memainkan sebuah adegan. Sebagai kenang-kenangan, pergilah ke toko suvenir atau terlebih dulu memasuki Museum Komik Popeye yang dipenuhi koleksi dan memorabilia tokoh kartun yang gemar makan sayur bayam.

Selain mengitari Sweethaven Village yang menyenangkan, Popeye Village juga menawarkan pertunjukan menarik yang dapat dinikmati semua pengunjung, antara lain Puppet Show yang menampilkan lima karakter Popeye yang dimainkan sang dalang (puppet master), dengan cerita yang interaktif, pas bagi penonton anak. Jangan lewatkan juga Popeye and His Friends yang berisi para aktor yang siap menghibur dengan tarian dan nyanyian, sekaligus menampilkan lagu tema Popeye yang populer itu.

Popeye Village buka mulai pukul 09:30 hingga 16:30 (November-Maret), 09:30-17:30 (April-Juni, September-Oktober), dan 09:30-19:00 (Juli-Agustus), dengan tiket masuk 15 euro (dewasa) dan 12 euro (anak usia 3-12 tahun). Tiket masuk di musim dingin lebih murah dibanding musim-musim lainnya.