Melihat Dunia dari Balon Udara

July 23rd, 2018 / / Comments Off on Melihat Dunia dari Balon Udara
Posted in On the Road

Wajah Bumi yang beraneka ragam dan kadang dihiasi bangunan unik yang menambah kemegahan tentu menawarkan perspektif yang berbeda jika dilihat dari atas dengan balon udara yang melayang perlahan di ketinggian di atas 5.000 kaki. Berikut kami pilihkan 10 tempat terbaik di seluruh dunia untuk menikmati penerbangan santai di atas balon bertenaga gas yang eksotis.

Queenstown, Selandia Baru

Ibu kota petualangan ini tak hanya terkenal akan bungy jumping-nya (yang memang ditemukan pertama kali di kota ini), namun juga memiliki tawaran untuk menikmati balon udara sambil mengagumi lanskap Queenstown yang dikepung pengunungan bersalut salju, terutama di musim dingin. Terbang di atas Lake Wakatipu, Lake Hayes, Shotover River, Kawarau River, Coronet Peak, The Remarkables, dan Mount Aspiring, beberapa lokasi syuting film The Lord of the Rings juga dilewati, seperti Skippers Canyon (mewakili The Ford of Bruinen), Mount Owen (Dimrill Dale), dan Fiordland (The Gates of Argonath).

Red Centre, Australia

Red Centre adalah julukan untuk kawasan gurun luas di Teritori Utara yang meliputi Alice Springs, Taman Nasional West MacDonnell Range, Taman Nasional Finke Gorge, Kings Canyon, dan Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta. Saking luas dan banyaknya rute maupun objek untuk dijelajahi, pengunjung yang waktunya terbatas dapat mengeksplor kawasan ini secara kilat dengan naik balon udara selama sekitar satu jam.

Serengeti, Tanzania

Pemandangan dari atas balon udara di Taman Nasional Serengeti tak ada duanya, karena  menawarkan pengalaman melihat singa, kuda nil, dan jerapah yang berkeliaran bebas di kawasan yang ditumbuhi akasia. Micato Safaris (micato.com) menawarkan perjalanan naik balon udara dari empat titik strategis di taman nasional tersebut, selain menyesuaikannya dengan waktu terbaiknya, yakni ketika berlangsung migrasi tahunan setiap akhir Juni hingga September, di mana ratusan ribu zebra dan wildebeest bergerak mengarungi Serengeti bersama satwa liar lainnya, seperti elang dan rusa, untuk mencari air dan rerumputan untuk bertahan hidup.

Albuquerque, Amerika Serikat

Tiap Oktober (tahun ini jatuh pada tanggal 6-14), kota terbesar di New Mexico ini menggelar Albuquerque International Balloon Fiesta (balloonfiesta.com), di mana lebih dari 500 balon udara dalam aneka bentuk dan ukuran akan diterbangkan. Waktu terbaik untuk menikmati festival balon udara terbesar di dunia ini adalah menjelang matahari terbit, walau tersedia juga penerbangan menjelang matahari terbenam bagi yang merasa bukan manusia pagi.

Masai Mara, Kenya

Hampir semua brosur safari di Afrika Timur menampilkan balon udara di Maasai Mara National Reserve. Pasalnya, kegiatan ini memang unik di sini karena menawarkan cara unik untuk melihat satwa endemik Afrika di habitat aslinya, seperti singa Maasai, cheetah Tanzania, zebra, antelop, gajah Afrika, banteng Afrika, badak hitam, hingga macan tutul. Seperti di Serengeti, waktu terbaiknya adalah ketika migrasi wildebeest setiap Juli hingga Oktober.

* Baca selengkapnya di Majalah Panorama edisi Juli– September 2018. 
Teks: Melinda Yuliani