Inspirasi Destinasi Winter Wonderland di Asia (Bagian 2)

December 15th, 2020 / / Comments Off on Inspirasi Destinasi Winter Wonderland di Asia (Bagian 2)
Posted in On the Road

Tak hanya Eropa dan Amerika Serikat yang menyenangkan untuk merasakan suasana Winter Wonderland yang cantik, sejumlah negara empat musim di Asia dapat menghadirkan keseruan bermain salju dan pemandangan berselimut es putih. Inilah tujuan wisata bersalju di Asia sebagai inspirasi liburan akhir tahun, tentunya dapat dikunjungi selepas pandemi berakhir ya.

  • Harbin, Tiongkok

Berjuluk Kota Es, Harbin merupakan tuan rumah dari salah satu festival es dan salju terbesar di dunia, yaitu Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival. Biasa digelar selama dua bulan, festival ini menampilkan sekitar 1.500 pahatan es dalam skala besar, yang dihiasi cahaya warna-warni di malam hari.

Bangunan esnya pun beragam dan merupakan hasil imaginasi dan kreativitas yang luar biasa. Tiap tahun, patung-patung yang ditampilkan tak pernah sama karena temanya pun berbeda-beda, mulai dari binatang mistis hingga landmark terkenal dari seluruh dunia. Selama festival, pengunjung dapat bermain perosotan es dan kereta luncur, berenang di luar ruang, bersantai di dalam ice bar, hingga berkeliling kota dan di akhir kunjungan dapat melihat harimau Siberia Harbin.

  • Huangshan, Tiongkok

Saat terbaik untuk mengunjungi Huangshan atau Yellow Mountain di timur Tiongkok adalah di musim dingin, yaitu sekitar Desember hingga Februari. Nama Yellow pada gunung ini berasal dari Kaisar Huang Di (yang dijuluki Yellow Emperor) dan konon gunung ini merupakan tempat ia tinggal dan menemukan berbagai obat yang resepnya ia dapatkan karena memiliki kemampuan supranatural.

Salju akan menutupi tebing-tebing batu berwarna kuning kemerahan di kawasan ini, sehingga wajahnya tampak lebih spektakuler. Pengunjung dapat berjalan santai menjelajahi pegunungan di trek yang tersedia, dengan bangku-bangku di banyak tempat bagi yang ingin melepas lelah atau sekadar mengagumi pemandangan. Untuk mengakses Huangshan terdapat dua rute cable car, yaitu Yungu Cableway dan Yuping Cableway.

  • Kashmir, India

Dikelilingi Pegunungan Himalaya yang agung, tak banyak yang berpikiran bahwa Kashmir adalah salah satu destinasi terbaik untuk menikmati musim dingin yang romantis. Bermula di Srinagar yang pernah menjadi ibu kota administrasi selama musim panas semasa kolonial Inggris, tak ada yang lebih menyenangkan di Srinagar selain bermalam di houseboat sambil menyusuri Danau Nigeen yang menjadi satu bagian dengan Danau Dal yang tersohor.

Bila tak menginap di houseboat pun, romantisme Danau Dal tetap dapat dinikmati dengan naik shikara (perahu tradisional Srinagar) sambil menikmati pemandangan pegunungan dengan danau yang tenang. Musim dingin pun tak menghalangi para penarik shikara untuk melayani penumpang dari pagi hingga sore. Pemandangan indah juga dapat disaksikan dari Danau Wular yang airnya berasal dari Sungai Sutlej dan disebut-sebut sebagai danau air tawar terbesar di Asia.