Hari Berlalu Santai di Bologna

April 24th, 2020 / / Comments Off on Hari Berlalu Santai di Bologna
Posted in On the Road

Bolognesi (sebutan untuk warga lokal Bologna) menularkan gaya hidup mereka yang santai pada pendatang dengan menghabiskan waktu untuk berjalan, berhenti minum kopi atau anggur di osteria-pub khas Bologna yang membebaskan pengunjung membawa makanan dari luar dan hanya memesan minuman, berbincang-bincang dengan teman, lalu berjalan lagi mengitari sudut kota yang memiliki banyak arcade yang panjangnya mencapai 38 kilometer.

Berjalan di malam hari ataupun tersesat di jalan bukanlah hal menakutkan untuk dialami di Bologna, karena kota ini termasuk aman bagi pendatang, dengan warga lokal yang ramah menyambut mereka. Saat akhir pekan (Jumat tengah malam hingga Minggu tengah malam), tiga jalanan utama Bologna ditutup untuk kendaraan bermotor dan beralih menjadi jalur pejalan kaki yang menarik untuk disusuri dengan tempat-tempat menarik di sekitarnya. Walaupun termasuk kota kedua, Bologna mudah saja diakses menggunakan kereta sekitar 30 menit dari Florence, 60 menit dari Venesia, selain juga dekat dari Parma dan Modena.

Jika ke Bologna, pastikan untuk menikmati pemandangan kota dari empat destinasi ini.

Piazza Maggiore dan Piazza del Nettuno

Bagi warga lokal, Piazza Maggiore dan Piazza del Nettuno bukan sekadar alun-alun kota, tetapi menjadi sentra aktivitas sosialisasi sembari menikmati Neptune Fountain. Kedua alun-alun berada di lokasi strategis yang dapat menjangkau area perbelanjaan di sepanjang Via dell’Indipendenza dan Via Galleria.

Basilica of San Petronio

Gereja ini didesain untuk melebihi ukuran St. Peter’s Basilica di Vatikan, yang sayangnya tidak terwujud. Kenyataannya, gereja ini tak pernah rampung dibangun, terlihat dari facade-nya yang tampak belum selesai dirapikan. Terdapat museum mini di belakang gereja yang¬† menunjukkan desain bangunan dari arsitek Andrea Palladio. Gereja San Petronio buka setiap hari pukul 07:45 hingga 13:30 dan 14:30 hingga 18:30, gratis tapi jika ingin memotret dikenai biaya izin foto sebesar dua euro.

Leaning Towers

Menara-menara ikonis yang tersisa di Bologna dari 180 menara yang dahulu menghiasi langit Bologna ini awalnya merupakan menara pengawal dan tempat perlindungan jika terjadi serangan. Sedangkan tingginya menjadi simbol status keluarga bangsawan yang membangunnya. Pengunjung dapat menaiki ratusan anak tangga di dalamnya untuk menikmati pemandangan Bologna yang indah. Leaning Towers buka setiap hari pukul 09:30 hingga 19:30 dengan tiket masuk lima euro.