5 Kota Pelabuhan Tercantik di India

July 13th, 2020 / / Comments Off on 5 Kota Pelabuhan Tercantik di India
Posted in On the Road

Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke India tidak akan melewatkan Golden Triangle, tiga kota favorit, yaitu Delhi, Jaipur, dan Agra. Di sisi lain, India juga menawarkan daerah pesisir yang menarik berkat perpaduan budaya lokal dengan asing. Inilah kota-kota pelabuhan paling tercantik di India.

  • Kollam

Dulunya, Kollam ternama sebagai kota pelabuhan dengan sejarah perdagangan. Berdiri dengan sisa-sisa peninggalan Portugis, Belanda, dan Inggris, kota pesisir ini tercatat dalam sejarah karena pernah dikunjungi Marco Polo karena Kollam masuk dalam Spice Route. Berlokasi di negara bagian Kerala, wisatawan yang direkomendasikan untuk mengunjungi Pulau Munroe yang terdiri delapan pulau kecil yang cantik. Pastikan juga untuk mengunjungi Oachira Parabrahma, pusat ziarah yang ditujukan bagi Dewa Siwa, Ashramam Picnic Village, Thangassery Lighthouse, dan menyusuri sisa-sisa St. Thomas Fort yang membentang di sepanjang garis pantai Laut Arab.

  • Pondicherry

Banyak jejak kolonial yang dapat dinikmati di Pondicherry, tentu saja karena kota ini memiliki catatan perdagangan dengan Romawi dan Yunani dari era 100 SM, juga merupakan kota koloni Prancis hingga 1954. Pondicherry yang mudah diakses dengan kereta dari Mumbai menawarkan suasana menyenangkan saat menjelajah French Quarter dengan berjalan kaki atau mengayuh sepeda menyusuri Paradise Beach yang populer. Warga lokal menyarankan pejalan untuk mengunjungi Notre Dame des Anges dan The Sri Aurobindo Ashram yang menawarkan meditasi malam.

  • Chennai

Inggris mengembangkan Chennai dari beberapa desa menjadi kota pelabuhan di pertengahan abad 17. Sebagai gerbang menuju India Selatan, Chennai tak hanya ikonis sebagai daerah pesisir, tapi juga menarik berkat Kuil Parthasarathy yang berasal dari abad ke-8, yang menghadap Teluk Benggala. Jika ingin melihat lebih dekat kehidupan masyarakat Chennai, kunjungi Koyambedu Whosale Market Complex, sekalian Anda dapat membeli sayuran segar atau bunga.

  • Kochi

Sama seperti kota-kota pelabuhan lain yang mendapat pengaruh dari bangsa lain berkat kegiatan perdagangan, Kochi yang menjadi kota akses menuju Kerala juga menawarkan perpaduan kultur India dengan Portugis, Denmark, Tiongkok, Arab, dan Inggris. Jelajahi pasar rempahnya untuk merasakan masa lalu Kochi, kemudian jalan kaki menyusuri Princess Street untuk menikmati jajaran toko buku, toko teh, dan galeri seni. Kochi juga menyimpan Gereja Saint Francis, yang merupakan gereja Eropa tertua di India.

  • Visakhapatnam

Berada di sisi selatan, Visakhapatnam cukup mudah diakses melalui jalur udara dari kota-kota besar di India. Pejalan dapat bersantai di Pantai Ramakrishna atau Lembah Araku, di mana akan menemukan air terjun, sungai, dan perkebunan kopi. Singgah pula di Gua Borra yang diperkirakan sudah ada sejak jutaan tahun lalu atau menyambangi Kuil Simhachalam dari era 1098.