5 Hal Unik & Tak Terlupakan di Jaipur

February 9th, 2019 / / Comments Off on 5 Hal Unik & Tak Terlupakan di Jaipur
Posted in On the Road

Jaipur tak hanya menawan secara visual, namun juga kaya sejarah dan warisan budaya Kerajaan Rajput yang dapat dinikmati dari beragam atraksinya, termasuk pesona kulinernya. Di masanya, Jaipur konon  adalah kota yang diseraki arsitektur terindah di India dengan gedung-gedung berwarna kemerahan. Namun di luar itu semua, Jaipur memiliki sejuta pesona untuk dinikmati, seperti berikut ini.

  1. Naik Balon Udara

Operator SkyWaltz (http://skywaltz.com)menawarkan pengalaman unik menikmati pemandangan khas Rajasthan yang terdiri padang gurun gersang dan bangunan eksotis bercat kemerahan, seperti Amer Fort dan Jaigarh Fort. Tak banyak kesempatan menikmati pemandangan aerial India, sehingga bila berada di Jaipur, jangan lewatkan kesempatan ini. Penerbangan selama satu jam ini  seharga 265 dolar AS per orang (usia 5 hingga 12 tahun 165 dolar AS), yang akan dapat dikembalikan penuh apabila cuaca tidak memungkinkan untuk terbang. Harga tersebut termasuk antar-jemput dari akomodasi, sarapan ringan sebelum terbang, dan sertifikat.

2. City Palace

Bila berada di Jaipur, lakukan beberapa hal seperti warga Jaipur, salah satunya mengunjungi Kuil Govind Dev Ji (nama lain Dewa Krishna) di kompleks City Palace, yang merupakan pusat pemerintahan maharaja Jaipur atau kepala klan Kachwaha Rajput. Kuil tersebut pun tak  hanya merupakan tempat beribadah warga setempat, namun juga merupakan titik pusat kota Jaipur. Beberapa bagian di City Palace, seperti Chandra Mahal digunakan sebagai museum, namun sebagian besarnya adalah hunian keluarga kerajaan. Patung Krishna yang disimpan di kuil Govind Dev Ji konon dibuat sesuai penampakannya ketika bereinkarnasi di Bumi. Dibangun antara 1729 dan 1732 dengan memadukan arsitektur Rajput dan Shilpa Shastra yang khas India, serta filosofi yang diambil dari ajaran Hindu, City Palace dikelilingi taman dan bangunan-bangunan yang memukau.

3. Chaura Rasta dan Bapu Bazaar

Motif kain khas Rajasthan adalah leheriya yang dibuat dengan teknik ikat celup (tie dye) dan tradisi membuat motif berbentuk ombak ini telah ada sejak sekitar 5.000 tahun lalu. Leheriya dijual dalam bentuk saree syal, hingga turban berbahan katun, sutera, chiffon, georgette, satin, dan lain sebagainya dalam paduan warna-warni unik yang indah, di mana para wanita Rajasthan memang terkenal akan keberaniannya dalam mengenakan warna-warna terang. Motif leheriya tradisional adalah merah dan kuning, dan memang leheriya terdiri hanya dari dua warna. Variasi motif ikat celup lain khas Rajasthan adalah bandhni atau bandhej yang didominasi warna-warna gelap serta mengambil bentuk bunga dan geometris. Dua tempat terbaik untuk berbelanja leheriya dan bandhni di Jaipur adalah di Chaura Rasta dan Bapu Bazaar.

4. Hotel Taj Rambagh Palace

Setelah mengunjungi beragam istana dan benteng warisan Dinasti Rajput, tidaklah berlebihan bila terinspirasi untuk sekaligus mencicipi dimanjakan bak maharaja. Bahan tokoh-tokoh terkenal yang berkunjung ke Jaipur pun banyak yang memilih menginap di sini, seperti Lord Louis Mountbatten, Pangeran Charles, dan Jacqueline Kennedy. Dibangun pada 1835, istana ini telah berkali-kali berganti fungsi dan kemilikan, Mulai dari rumah dayang-dayang favorit ratu, rumah bagi para tamu kerajaan, rumah peristirahatan keluarga kerajaan dalam perjalanan berburu, dan terakhir, kediaman Maharaja Sawai Man Singh II dan Maharani Gayatri Devi. Menawarkan 78 kamar mewah, yang salah satunya adalah bekas kamar maharaja, hotel ini  memang bertempat di bangunan megah berhiaskan marmer yang dipahat manual, serta dikelilingi taman bergaya Mughal dengan kolam renang di luar maupun dalam ruangan. Jangan lewatkan bersantap aneka hidangan India bak raja di Suvarna Mahal, bekas ballroom istana yang bergaya Prancis dengan chandelier raksasanya yang megah.

5. Sisodiya Rani ka Bagh

Penyuka taman akan menikmati kunjungan ke taman yang dibangun Maharaja Sawai Jai Singh bagi isteri keduanya dari klan Sisodia ini. Walau berada di padang gurun, namun Jaipur memiliki banyak taman buatan yang indah dan taman terbesar di Jaipur ini adalah salah satunya. Terletak sekitar enam kilometer dari pusat kota melewati Jaipur-Agra Highway, taman yang dibangun 1728 ini mencampurkan arsitektur Mughal dan Rajput. Dihiasi deretan air mancur dan semak bunga, serta mural yang menggambarkan kisah cinta Radha dan Krishna, taman ini juga memuat kuil yang didekasikan bagi Shiva dan Hanuman.