Yang Tidak Boleh Dilewatkan dari Phu Quoc

October 13th, 2017 / / Comments Off on Yang Tidak Boleh Dilewatkan dari Phu Quoc
Posted in Newsflash

Nama Pulau Phu Quoc masih belum terlalu familiar di kalangan wisatawan nusantara, namun destinasi yang disebut Pulau Mutiara ini diakui sebagai perpaduan tempat wisata yang romantis dengan matahari terbenamnya, negeri yang hijau dengan taman nasionalnya, serta suasana hidup ala perkotaan. Phu Quoc yang merupakan pulau terbesar di Vietnam, terletak di Teluk Thailand, dengan Phu Quoc sebagai pulau utama, yang didampingi puluhan pulau kecil lainnya. Bagi wisatawan yang baru pertama kali mendatangi Phu Quoc, pastikan untuk mengunjungi destinasi di bawah ini.

Taman Nasional Phu Quoc

Kawasan Taman Nasional Phu Quoc berada hampir sebagian dari Pulau Phu Quoc, di mana para pecinta alam dapat menemukan satwa dan tanaman langka, seperti kera ekor panjang, berang-berang, dan burung enggang. Sebagai Cagar Biosfer UNESCO tahun 2010, taman nasional ini memiiki ruang terbuka yang asri, yang cocok untuk kegiatan alam, seperti berkemah, hiking, mengamati burung, dan fotografi. Bagi penyuka tantangan, bisa menjajal kemampuan dengan mendaki Mount Heaven selama empat jam perjalanan melalui hutan hijau, yang diikuti tangga bambu setinggi 10 meter. Terletak 26 kilometer di utara Duong Dong, Taman Nasional Phu Quoc dapat dicapai dengan mengikuti tur sehari, atau jika ingin praktis dan lebih bebas, bisa menyewa sepeda motor. Jalur yang ditempuh akan melalui Desa Ganh Dau dengan trek yang tidak mudah.

Kuil Cau (Dinh Cau Rock)

Dinh Cau Rock juga dikenal juga sebagai Kuil Cau, adalah formasi alami berbentuk unik di Pulau Phu Quoc, yang oleh nelayan setempat digunakan sebagai tempat berdoa sebelum memulai kegiatan memancing. Terletak tepat di sebelah Dermaga Memancing Duong Dong, tempat suci umat Buddha ini menjadi titik fotografi populer bagi pelancong, hal ini terlihat dari keunikan bangunan yang terdiri dari bebatuan di lautan terbuka. Terdapat 29 anak tangga dari batu dan dibuat berkelok-kelok untuk mencapai Kuil Cau, di mana lokasi ini begitu indah saat matahari terbenam dari Pantai Dinh Cau. Kuil Cau dapat dikunjungi setiap hari, mulai dari pukul 07:00-18:00.

Pagoda Su Muon

Pagoda Su Muon berdiri di atas bukit, sekitar empat kilometer di sebelah timur kota Duong Dong. Pagoda ini merupakan kuil Buddha tertua di Pulau Phu Quoc dan menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan langsung bhakta dan bhikku memberi hormat pada sang Buddha. Pagoda Su Muon dapat diakses melalui 60 anak tangga, di mana pengunjung akan menemukan berbagai relik berwarna-warni, dan patung emas sang Buddha. Begitu tiba di puncak, para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Gunung Hamn Ninh yang luas, dengan garis pantai yang mengelilingi Pulau Phu Quoc. Mengingat pagoda ini merupakan tempat suci, pengunjung diharapkan untuk menghormati umat yang sedang berdoa, juga berpakaian sopan. Masuk pagoda tidak dikenakan biaya masuk dan bisa dikunjungi dari pukul 07:00 hingga 18:00.

Air Terjun Suoi Tranh

Air terjun setinggi empat meter ini menawarkan pemandangan Pegunungan Ham Ninh, di samping itu pengunjung bisa dapat menikmati panorama alam yang hijau, gua-gua alami, dan kolam batu. Dengan berkendara sekitar 10 menit dari Duong Dong, Suoi Tranh sangat cocok untuk berbagai aktivitas, mulai dari piknik, berkemah, mengamati burung, hingga trekking menelusuri area hutan, dan semua itu bisa dinikmati dengan hanya membayar tiket masuk sebesar 5.000 VND. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim hujan, dari Mei hingga September, namun hindari kunjungan saat akhir pekan atau libur nasional, karena biasanya akan ramai dengan kunjungan dari warga lokal.

Rute Baru Bangkok Airways Menuju Phu Quoc

Menyadari peluang wisata yang cukup tinggi ke Phu Quoc, Bangkok Airways mengumumkan rencana peluncuran rute Bangkok – Phu Quoc. Langkah baik ini diambil setelah melihat perkembangan Phu Quoc yang telah menarik lebih dari 1,45 juta turis di seluruh dunia, didukung pula dengan kebijakan bebas visa 30 hari bagi wisatawan asing, tentu saja menjadikan Phu Quoc sebagai salah satu tujuan wisata populer di kawasan Asia Tenggara untuk pelancong asal Eropa, terutama dari Jerman, Inggris, Prancis, Swiss, dan Rusia.

Bagi Bangkok Airways, peluncuran rute baru ini tidak hanya untuk meningkatkan jaringan maskapai asal Thailand ini untuk mencakup wilayah Indocina, namun juga untuk menyediakan koneksi penerbangan yang lebih baik bagi pelanggan dari Eropa, Thailand, dan Vietnam, serta menawarkan rute penghubung regional ke Pulau Phu Quoc untuk jangka panjang. Bangkok Airways akan memulai penerbangan langsung antara Bangkok (Bandara Suvarnabhumi) dengan Phu Quoc mulai 29 Oktober 2017. Maskapai ini akan menawarkan empat penerbangan dalam seminggu, yaitu pada Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu, menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 yang berkapasitas 70 tempat duduk.