Yang Terbaru di New York

December 12th, 2018 / / Comments Off on Yang Terbaru di New York
Posted in Newsflash

Energi New York yang dinamis, membuat kota yang tak pernah tidur ini selalu menawarkan hal terkini yang seru, menarik, dan menyenangkan untuk dikunjungi para pejalan. Pariwisata New York menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, di mana pada 2017 saja, tercatat 62,8 juta pendatang yang berkunjung ke kota yang memiliki lima borough, yang terdiri dari Bronx, Brooklyn, Manhattan, Queens, dan Staten Island. Untuk mengimbangi peningkatan jumlah pendatang yang berkunjung, pemerintah setempat dan badan swasta mempercantik kota dengan menambahkan atraksi wisata terbaru, pendirian ruang publik yang artistik, perbaikan infrastruktur publik, serta pendirian sejumlah hotel yang diproyeksi akan mencapai 140.000 kamar tamu di akhir 2021.

Apa saja perkembangan terbaru dari kota yang banyak menginspirasi musisi dan sineas film dalam menciptakan karya seni? 

Renovasi Bandara

Data statistik menunjukkan bahwa jumlah pejalan wisata yang berkunjung ke New York mencapai 79 persen dan pejalan bisnis di angka 21 persen. Fakta ini membuat New York berusaha untuk mengakomodir para pejalan dengan memperbaiki infrastruktur yang mendukung kegiatan pariwisata dan bisnis, salah satunya adalah bandara. Ada tiga bandara penting di New York yang menjadi gerbang masuk para pendatang, yaitu LaGuardia Airport, John F. Kennedy International Airport, dan Newark Liberty International Airport. Saat ini, ketiganya sedang dilakukan renovasi, seperti di LaGuardia Airport yang sedang melakukan proses rekonstruksi setelah desain lamanya mengalami kerusakan pada pertengahan 2016. Rekonstruksi bangunan yang memakan biaya hingga delapan juta dolar AS ini akan disulap menjadi sarana penghubung yang fungsional, perluasan area untuk jalur taksi, termasuk pengadaan LaGuardia air train yang rencana dioperasikan pada 2023, dua tahun setelah rencana rekonstruksi bandara rampung.

Lain hal dengan John F. Kennedy International Airport yang akan diubah menjadi bandara berkelas internasional terbaik dengan bujet renovasi mencapai 10 juta dolar AS. Proses renovasi akan memfokuskan pada perluasan area parkir dan tempat taksi, membuka akses baru untuk mencapai terminal bandara, desain bangunan terkini, serta pengembangan fasilitas pengamanan berbasis teknologi canggih. Tak jauh dari bandara juga akan berdiri TWA Hotel yang rencananya akan menawarkan 512 kamar tamu yang akan dibuka pada musim semi 2019. Newark Liberty International Airport juga turut mengalami perbaikan bangunan dengan memperluas area terminal, perbaikan sistem lalu lintas di dalam bandara, 3.000 area parkir kendaraan dan garasi, dan direncanakan akan dibuka pada 2020 dan aktif beroperasi secara keseluruhan di akhir 2022.

Hudson Yards, Ruang Publik nan Artistik

Berdekatan dengan High Line, ruang hijau yang menampilkan pemandangan di sisi barat Manhattan, wisatawan dapat sekalian mengunjungi Hudson Yards, merupakan area real estate pribadi yang menjadi bagian dari sejarah Amerika Serikat, di mana kawasan ini merupakan pemukiman penduduk, situs perdagangan, dan jajaran toko. Ruang publik yang artistik ini menghadirkan Javits Center, sebuah proyek ekspansi senilai 1,5 juta dolar AS yang menawarkan ruang ekshibisi, rooftop terrace, ruang pertemuan, yang diperkirakan akan menjadi area publik terbesar di Northeast, yang diprediksi akan dibuka pada 2021.

Keberadaan The Shed juga diperkirakan akan menarik minat para pendatang yang memiliki ketertarikan dengan dunia seni dan desain, karena bangunan ini diproyeksikan sebagai pusat seni yang menampilkan berbagai pertunjukan seni, seni visual, budaya pop, dan konten artistik. Bangunan publik yang didesain oleh arsitek Diller Scofidio + Renfro dan Rockwell Group ini rencana dibuka pada musim semi 2019. Hudson Yards Public Square and Gardens pada Maret 2019 akan membuka Vessel, bangunan bertingkat 15 yang didesain arsitek dan desainer asal Inggris, Thomas Heatherwick, yang menampilkan 154 akses tangga darurat dan lebih dari 2.500 anak tangga. Ruang publik dan sentra seni ini tidak akan berdiri sendiri karena Hudson Yards juga akan dikembangkan sebagai pusat komersial dengan mendirikan sejumlah toko dan ritel ternama, seperti H&M, Rolex, Sephora, Stuart Weitzman, Tory Burch, serta sejumlah restoran ternama milik koki selebriti, seperti Thomas Keller, David Chang, José Andrés, yang sebagian besar siap menerima tamu per Maret 2019.

Museum Ilusi Pertama

Sebagai kota pusatnya seni dan budaya, New York begitu melimpah dengan kehadiran museum-museum terbaik kelas dunia yang menjadi impian banyak pejalan untuk mengunjunginya, sebut saja Museum Guggenheim yang unik dari segi arsitektur, American Museum of Natural History yang menjadi latar utama film Night at the Museum (2006), atau The Metropolitan Museum of Art yang akrab disapa Met, yang selalu menjadi buah bibir berkat perannya sebagai tuan rumah Costume Institute Gala (Met Ball) – acara penggalangan dana yang menghadirkan selebriti internasional dengan gaun-gaun sensasional sesuai tema.

Kini, New York memiliki museum tematik terbaru bertema ilusi, yang mengadopsi konsep dari museum serupa di Zagreb, yaitu Museum of Illusions yang menampilkan 70 area ekshibisi. Museum of Illusions Chelsea, Manhattan juga menampilkan lebih dari 70 area pameran yang memfokuskan pada tema sains, matematika, biologi, psikologi, hingga gambaran mengenai New York. Atraksi wisata dibuat atraktif dan interaktif bagi pengunjung, yang menampilkan ilusi optikal, ruang bermain yang mendidik bagi pengunjung muda, ruangan berkaca tanpa batas, dan berbagai ruang pertunjukan yang mengedukasi dengan topik seputar persepsi dan cara kerja otak manusia.