WWF Indonesia Luncurkan Aplikasi Marine Buddies

March 9th, 2017 / / Comments Off on WWF Indonesia Luncurkan Aplikasi Marine Buddies
Posted in Newsflash

Dua pertiga dari luas wilayah Indonesia adalah perairan. Saat ini dari luas tersebut, Indonesia telah memiliki 165 kawasan konservasi bahari. Namun World Wildlife Fund (WWF) Indonesia mencatat, dari seluruh kawasan konservasi bahari yang sudah ada, baru 10 persen di antaranya yang berhasil dikelola dengan baik. Karena itu, menurut organisasi nirlaba lingkungan tersebut diperlukan peran aktif masyarakat untuk membantu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam pengelolaan kawasan konservasi bahari.

Pada 2 Maret 2017, WWF Indonesia meluncurkan aplikasi Marine Buddies sebagai bagian dari kampanye #TemanTamanLaut. Melalui aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di telepon pintar berbasis Android, pengguna dapat mengenali 165 kawasan konservasi di Indonesia seperti Pulau Weh, Buleleng, Wakatobi, Alor, hingga Raja Ampat. Kampanye #TemanTamanLaut juga mengajak masyarakat untuk mengenali dan mengunjungi kawasan konservasi bahari di Indonesia, serta mengawasi pengelolaan kawasan konsevasi bahari dan melaporkan aktivitas bahari yang tidak bertanggung jawab.

Aplikasi Marine Buddies bekerja berdasarkan lokasi (location based) sehingga beberapa fitur seperti “Penilaian” dan “Pelaporan” hanya dapat digunakan ketika pengguna berada di salah satu dari 165 kawasan konservasi bahari di Indonesia. Sedangkan jika pengguna hendak menggunakan kedua fitur tersebut di luar lokasi konservasi bahari akan muncul pemberitahuan pengguna sedang tidak berada di kawasan konservasi bahari.

Pengguna dapat memanfaatkan fitur “Pelaporan” jika melihat peristiwa atau aktivitas yang tidak bertanggung jawab yang dapat merusak atau mengancam keberadaan lingkungan dari kasawan konservasi bahari. Nantinya,laporan dari pengguna aplikasi Marine Buddies tersebut akan diteruskan oleh WWF Indonesia pada KKP dan KLHK untuk diberikan tindakan. Jika laporan yang diberikan telah ditanggapi atau dilakukan penindakan, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan. Tak hanya itu, melalui aplikasi ini, pengguna juga dapat mengakses berita-berita terbaru seputar informasi bahari di Indonesia.

Aplikasi Marine Buddies ini untuk sementara hanya tersedia untuk Android, sedangkan iOS akan menyusul pada Mei 2017.