WNI Tak Perlu Visa ke Brasil

May 14th, 2018 / / Comments Off on WNI Tak Perlu Visa ke Brasil
Posted in Newsflash

Kesepakatan bebas visa terwujud antara Indonesia dengan Brasil yang tercapai dalam pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno LP Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Brasi, Aloysio Nunes Ferreira di Bogor pada 11 Mei 2018. Ada tiga nota kesepakatan yang ditanda-tangani saat itu, termasuk pembebasan visa kunjungan untuk paspor biasa.

Dengan kesepakatan tersebut, warga Indonesia dapat berkunjung ke Brasil dengan bebas visa selama 30 hari. Tidak hanya memudahkan langkah untuk mengunjungi Brasil, tapi juga diharapkan dapat mendorong kontak antar warga, termasuk dalam dunia usaha dan kerja sama di berbagai bidang, khususnya ekonomi dan perdagangan. Menurut Retno, “Dengan penandatanganan tiga dokumen tersebut, kita harapkan sudah tidak ada lagi hambatan untuk berinteraksi, saling kunjung antar masyarakat, sehingga interaksi yang intensif ini akan memajukan hubungan kedua negara.”

Apa yang Menarik di Brasil?

Bagi orang awam, Brasil identik dengan sepak bolanya, namun, tak hanya bidang olahraga saja yang punya nama di negeri ini, beberapa atraksi wisatanya juga mendapat pujian dari banyak wisatawan. Apa saja yang bisa dinikmati wisatawan jika berkunjung ke Brasil?

-Air Terjun Iguazu

Salah satu kecantikan alam Brasil yang menarik pengunjung adalah Air Terjun Iguazu yang terbentang di dua negara, yakni Brasil dan Argentina, yang berada di Taman Nasional Iguazu (Argentina) dan Taman Nasional Iguacu (Brasil), di mana masing-masing taman nasional terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1984 dan 1987. Dikelilingi hutan lebat, air terjun ini dapat diakses menggunakan pesawat dengan mendarat di Bandara Internasional Foz do Iguacu di kota Foz do Iguacu, kemudian dari bandara dapat menggunakan taksi atau bus menuju air terjun.

-Pantai Copacabana

Copacabana (baca Kopakabene) merupakan sebuah distrik di selatan ibu kota Rio de Janeiro yang terkenal dengan pantai eksotis sepanjang empat kilometer. Awalnya dinamai Sacopenapa hingga pertengahan abad ke-18, kemudian berganti nama setelah pembangunan kapel berisi replika Virgen de Copacabana, santo pelindung Bolivia. Pantai ini tak hanya menjadi tujuan liburan para wisatawan, tapi juga menjadi tempat favorit warga lokal yang biasa bersantai selepas berkativitas seharian.

-Pantai Ipanema

Selain Copacabana, Pantai Ipanema juga terbilang tenar, bahkan saking tenarnya sampai dibuatkan lagu mengenainya, yaitu The Girl from Ipanema yang dinyanyikan oleh penyanyi Brasil, Antonio Carlos Jobim. Pantai Ipanema mulai terangkat pamornya sekitar 1970-an dan kini menjadi salah satu pusat hiburan, baik bagi masyarakat lokal dan wisatawan. Selain pantai, kawasan sekitar Ipanema juga marak dengan jajaran hotel, restoran, bar, dan pusat perbelanjaan.

-Olinda

Merupakan kota bersejarah di negara bagian Pernambuco, yang diakui sebagai salah satu kota peninggalan kolonial terbaik di Brasil. Olinda menawarkan atraksi wisata seputar kawasan kota tua, gereja-gereja tua, serta Karnaval Olinda yang populer dengan parade pesta dan seni di jalanan dengan sentuhan tarian etnik dari Afrika dan bebas dinikmati siapa saja tanpa dipungut bayaran, berbeda dengan karnaval di Rio de Janeiro.

-Salvador

Ibu kota negara bagian Bahia ini merupakan rumah bagi seni musik dan pusat budaya Brasil, di mana warga Brasil senang menghabiskan waktu di sini untuk berpesta sepanjang tahun, tanpa perlu menunggu Karnaval Rio de Janeiro berlangsung. Musik jazz Afrika mengaduh dengan seni lokal, menciptakan suasana khas yang bisa dirasakan pengunjung saat berada di Salvador. Kota terbesar ketiga di Brasil ini menawarkan atraksi kota dan desa di pesisir, serta kawasan pantai di Barra di area selatan kota yang tak terlalu ramai dikunjungi wisatawan.