Wisatawan Ceko Tetap Minati Indonesia

January 20th, 2016 / / Comments Off on Wisatawan Ceko Tetap Minati Indonesia
Posted in Newsflash

 

Minat wisatawan Ceko untuk berkunjung ke Indonesia tetap tinggi meskipun terjadi teror bom di Jalan MH Thamrin Jakarta pada Kamis (14/1).

“Ini terungkap dalam pembicaraan antara Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko, Aulia A Rachman dengan Sekretaris Jenderal Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Ceko, Michal Veber di sela-sela Pameran Wisata ‘Go and Region Tour’ di kota Brno, Ceko,” papar Sekretaris Kedua Penerangan Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha, Fitriyani Riduan kepada Antara London, Selasa (19/1/2016).

Dubes Aulia Rachman dan tim KBRI Praha berpartisipasi pada pameran wisata terbesar di wilayah timur Ceko sebagai dukungan terhadap aktivitas promosi wisata Indonesia kepada masyarakat Ceko.

Dubes juga menjelaskan situasi yang terjadi di Jakarta, termasuk cepatnya penanganan krisis pascaledakan bom menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia berhasil menguasai situasi tidak lebih dari empat jam.

Menurut Dubes, partisipasi Indonesia di Ceko pada pameran wisata ini memiliki arti penting untuk memberikan jaminan atas situasi di Indonesia. Respon masyarakat dan penanganan aparat keamanan di Indonesia terhadap insiden teror di Jalan MH Thamrin juga berkontribusi dalam mengembalikan keyakinan masyarakat Ceko terhadap stabilitas situasi di Indonesia.

Dalam pernyataan yang dimuat di portal Kementerian Luar Negeri Ceko, Pemerintah Ceko juga mengutuk serangan teror yang terjadi di Jakarta dan menyampaikan bela sungkawa kepada korban yang jatuh.

Dubes ulia menerima informasi Pemerintah Ceko tidak mengeluarkan travel warning (peringatan bepergian) ke Indonesia dan hanya mengimbau warga Ceko yang berada di Indonesia berhati-hati dan menghindari pusat keramaian.

Tetap Promosikan Indonesia

KBRI Praha bekerja sama dengan biro perjalanan asal Ceko, Aquatravel berpartisipasi pada pameran wisata “Go and Region Tour” yang digelar di Pusat Expo Brno pada tanggal 14-17 Januari 2016. Pameran Go and Region Tour digelar di kota Brno, sekitar 200 km di sebelah tenggara ibukota Ceko, Praha diikuti sekitar 726 perusahaan sektor pariwisata, termasuk ticketing office, karoseri motorhome, biro perjalanan wisata dan layanan terkait lainnya.

Menurut sejumlah biro perjalanan yang menawarkan paket wisata ke Indonesia, rata-rata durasi kunjungan wisatawan asal Ceko ke Indonesia adalah 15 hari.

 

Sumber: travel.kompas.com