Turkish Airlines Akan Sewa Airbus Malaysia Airlines

March 3rd, 2015 / / Comments Off on Turkish Airlines Akan Sewa Airbus Malaysia Airlines
Posted in Newsflash

Mengoptimalkan operasional armadanya, Malaysia Airlines (MAS) dikabarkan tengah mengadakan pembicaraan dengan Turkish Airlines untuk kesepakatan penyewaan pesawat. Rencananya, Turkish Airlines akan menyewa dua unit Airbus A380 milik Malaysia Airlines.

Saat ini, MAS mengoperasikan enam unit A380 dan karena kondisi saat ini yang kurang menguntungkan, pengoperasian armada ini dinilai kurang optimal. Kapasitas besar yang dimiliki A380 juga dinilai tidak relevan jika dikaitkan dengan situasi saat ini.

Jika kesepakatan ini terwujud, maka ini akan memperpanjang absen pemesanan A380 baru untuk Airbus. Namun kesepakatan penyewaan ini juga bisa jadi peluang bagi Airbus bila pihak penyewa merasa puas dengan performa A380. Bukan tak mungkin ini akan menjadi peluang baru untuk pemesanan A380.

“Melepas dua unit A380 akan membantu MAS dalam menyusun ulang strategi bisnisnya setelah dua musibah yang menimpa pesawatnya tahun lalu. Turkish Airlines adalah salah satu maskapai dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan belum mengoperasikan double decker yang dapat mendukung upaya maskapai menjadikan Istanbul sebagai hub bagi wisatawan Eropa, Amerika dan Asia,” ujar seorang sumber di Bloomberg.

Airbus sendiri dinilai gagal dalam mearih pembeli baru sejak 2013. Satu-satunya pembeli di 2014 adalah perusahaan Amedeo dan hingga kini belum menerima satupun dari pesanannya.