Tur Mengunjungi Bangkai Titanic Dibanderol Rp1,7 Miliar

November 17th, 2020 / / Comments Off on Tur Mengunjungi Bangkai Titanic Dibanderol Rp1,7 Miliar
Posted in Newsflash

Lewat satu abad setelah tenggelam, kapal Titanic masih menjadi sorotan publik. Ratusan orang telah mengujungi bangkai kapal sejak ditemukan pertama kali oleh Dr. Robert Ballard pada 1985. Kini, pejalan berkesempatan untuk mengunjungi langsung reruntuhan Titanic dengan mengikuti tur senilai 125.000 dolar AS atau setara dengan Rp1,7 miliar.

OceanGate Expeditions, perusahaan yang berbasis di Washington akan mengundang pejalan untuk ikut serta dalam misi bawah laut mereka yang akan dilakukan dalam beberapa sesi. Nantinya, perjalanan istimewa ini tidak hanya untuk menyaksikan langsung bangkai kapal bersejarah, namun peserta tur akan dilatih layaknya anggota kru dan berperan bersama para ahli untuk membuat model virtual fotorealistis tiga dimensi Titanic menggunakan laser scan dan video 4K.

Tim Titanic Survey Expedition akan mendokumentasikan salah satu situs bersejarah ini, yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan eksplorasi dan riset penelitian. Peserta tur berkesempatan terlibat secara aktif dalam misi ini, bekerja sama dengan ilmuwan oseanografi dan arkeologi. Nantinya akan ada sembilan peserta misi yang diizinkan terlibat di setiap sesi.

Biaya besar yang mesti ditebus akan digunakan untuk modal pelatihan misi dan dukungan terhadap Titanic Survey Expedition. Ada enam ekspedisi yang dijadwalkan pada musim panas 2021, mulai dari akhir Mei hingga pertengahan Juli, dengan durasi perjalanan selama 10 hari. Selama ekspedisi, peserta akan melakukan penyelaman tanpa tali selama 8-10 jam. Sedangkan ekspedisi lain akan dilakukan musim panas 2022.