Tren Perjalanan di 2021, Lebih Banyak Luangkan Waktu Berkualitas Bersama Orang Terkasih

January 13th, 2021 / / Comments Off on Tren Perjalanan di 2021, Lebih Banyak Luangkan Waktu Berkualitas Bersama Orang Terkasih
Posted in Newsflash

Di tahun yang baru ini, tren perjalanan pun turut berubah. Sebagian besar traveler berharap dapat melewatkan liburan mereka bersama orang-orang terkasih, sementara yang lain tak sabar lagi untuk melakukan perjalanan tanpa batas dan melakukan hal-hal penting yang dapat membuat perubahan untuk dunia. 

Temuan tren perjalanan ini dirilis oleh Agoda berdasarkan survei terbarunya, “What Matters 2021”. Menariknya, responden yang ingin melakukan perjalanan dalam waktu dekat adalah mereka yang berada dalam kelompok usia 55 tahun ke atas. 

Mereka yang lebih muda, yakni usia 25 hingga 54 tahun, memilih untuk meluangkan waktu berkualitas bersama teman dan keluarga. Sementara dewasa muda berusia 18 hingga 24 tahun berharap dapat melakukan hal-hal yang bisa membuat perbedaan di tahun yang baru. 

Survei ini juga menemukan bahwa traveler global ingin melakukan perjalanan secara berbeda di 2021. Misalnya, ada yang berencana bepergian lebih sering bersama teman dan keluarga, namun ada pula yang ingin traveling secara spontan. Sejumlah traveler pun berharap tahun ini dapat membuat pilihan perjalanan yang lebih ramah lingkungan. 

“Di Agoda, kami percaya pada masa depan perjalanan, dan penelitian kami mendukung hal ini, memastikan bahwa perjalanan adalah salah satu hal utama yang dinantikan orang-orang di tahun 2021,” kata Tim Hughes, Vice President of Corporate Development, Agoda.

“Tak hanya itu, di tahun yang baru ini orang-orang juga berkomitmen untuk membuat perbedaan, bepergian dengan orang-orang yang berarti, terbuka untuk perjalanan yang lebih tidak terencana, dan mempertimbangkan dampak lingkungan yang mereka buat saat melakukan perjalanan,” tambahnya. 

Di Indonesia sendiri, hampir separuh responden (46 persen) berharap dapat melakukan hal-hal yang penting atau membuat perbedaan di tahun yang baru ini. Orang Indonesia juga berharap dapat menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan orang yang dicintai (21 persen) dan dapat bepergian tanpa hambatan (13 persen). 

Selama 2021, tiga harapan yang paling ingin diwujudkan orang Indonesia adalah dapat lebih banyak bepergian dengan teman atau keluarga (40 persen), membuat lebih banyak pilihan perjalanan yang lebih ramah lingkungan (22 persen), dan secara sadar mendukung tujuan wisata yang sepi turis (16 persen).