Trem di Melbourne jadi Karya Seni

October 25th, 2016 / / Comments Off on Trem di Melbourne jadi Karya Seni
Posted in Newsflash

Bagi Melbourne, tram bukan sekedar moda transportasi tapi juga ikon dari kota yang menyandang gelar kota paling layak huni di dunia ini. Dalam Melbourne Art Trams yang digelar sejak Oktober 2016 hingga  April 2017 mendatang, delapan tram disulap menjadi sebuah karya seni bergerak yang akan memberikan pengalaman komuter yang berkesan.

Tahun ini merupakan kali keempat digelarnya Melbourne Art Trams yang merupakan bagian dari Melbourne Festival, yaitu perayaan seni terbesar di Australia dan juga merupakan karya kolaborasi dengan Creative Victoria dan Public Transport Victoria.

Reko Rennie, seniman yang berbasis di Victoria turut ambil bagian dengan mendesain tram Melbourne menjadi sebuah karya seni. Melalui judul ‘Always was, Always will be’ Rennie merefleksikan warisan budaya penduduk asli Australia yang dikombinasikan dengan ikonografi kebudayaan Kamilaroi dengan  sentuhan elemen gaya seni jalanan.

Tram karya Rennie merupakan Art Tram pertama yang diluncurkan oleh Menteri Industri Kreatif, Martin Foley pada tahun ini.

“Melbourne Art Trams merayakan dua aset penting yang dimiliki oleh Melbourne yakni trem dan kreativitas. Seni memiliki peran yang kuat diberbagai bidang, dari tempat umum sampai pada alat transportasi umum.” Kata Martin Foley, Menteri Industri Kreatif.

“Melbourne telah diakui secara internasional dikarenakan seniman kami yang hebat dan jaringan trem di seluruh kota kami merupakan hal yang luar biasa – Melbourne Festival adalah kesempatan yang unik untuk menikmati semua karya seni yang bergerak, dimulai dengan desain yang luar biasa oleh Reko, hingga perjalanan menelusuri kota dari St Kilda ke Coburg.” tambah Jonathan Holloway, Direktur Artistik Melbourne Festival.