Tiga Alasan Berkunjung ke Chennai

December 7th, 2018 / / Comments Off on Tiga Alasan Berkunjung ke Chennai
Posted in Newsflash, THINGS TO DO

Merupakan bagian dari Jaringan Kota Kreatif UNESCO, Chennai (sebelumnya dikenal sebagai Madras) kini mulai populer sebagai destinasi wisata. Sebagai pintu gerbang ke selatan India, kota terbesar keempat di negara ini tak hanya kosmopolitan dengan penduduk dari berbagai latar, namun juga tetap menjaga tradisinya yang berakar dari adat suku Tamil. Inilah beberapa hal menarik lainnya yang dapat ditemui saat berkunjung ke Chennai.

Arsitektur

Berkat sejarahnya yang panjang, lanskap Chennai pun didominasi oleh beragam gaya arsitektur, dari kuil-kuil Hindu bergaya Dravida dengan deretan pilar berukir yali (hewan mistis yang merupakan paduan singa, gajah, dan kuda), hingga julangan bangunan modern. Beberapa bangunannya yang menarik antara lain University of Madras yang merupakan salah satu universitas tertua di India, stasiun kereta Chennai Central bergaya neogotik, dan Madras High Court dengan arsitektur Indo-Saracenic yang lazim di India pada akhir abad 19. Ada pula San Thome Basilica yang dibangun abad 16 oleh para penjelajah Portugis di atas makam Santo Tomas, salah satu dari Kedua belas Rasul Yesus. Bangunan bergaya neogotik ini bahkan telah lebih dahulu menarik banyak peziarah ketimbang St. Peter’s Basilica di Vatikan.

Musik

Chennai semakin semarak di bulan Desember dengan kehadiran Margazhi Festival of Dance and Music yang menyatukan ratusan vokalis, instrumentalis, dan penari dalam sebuah perayaan musik karnatik (musik tradisional yang berasal dari daerah di selatan India). Digelar sejak 1927, festival yang berlangsung selama enam minggu ini dianggap sebagai salah satu festival musik terbesar di dunia.

Hidangan Khas 

Chennai juga dikenal sebagai ibu kota makanan dari Tamil Nadu. Kota ini terutama terkenal dengan masakan vegetariannya yang terasa meledak di mulut dengan penggunaan cabai, daun kari, dan kelapa. Pejalan dapat melakukan tur makanan dengan berjalan kaki melalui Sowcarpet, salah satu pemukiman tertua di kota itu, untuk mengenal komunitas yang telah menyumbangkan kekayaan kuliner Chennai maupun mencicipi jajanan jalanan, seperti dosa (sejenis panekuk), samosa, dan puri (roti India).