Tempat Terbaik Mengamati GMT di Belitung

February 12th, 2016 / / Comments Off on Tempat Terbaik Mengamati GMT di Belitung
Posted in Newsflash

 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur memfokuskan pengamatan Gerhana Matahari Total (GMT) untuk wisatawan, fotografer, dan peneliti di lima titik pada 9 Maret 2016.

“Untuk titik pengamatan gerhana ada lima, yaitu Buku Limau, Pantai Olivier, Bukit Samak A1, Pantai Serdang, dan Pantai Tambak. Kita pilih di sana karena merupakan jalur lewatnya matahari dan ideal sebagai tempat pengamatan,” terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Helly Tjandra, Kamis (11/2/2016).

Helly menjelaskan titik pengamatan Buku Limau sendiri berada sekitar satu jam menggunakan kapal nelayan dan selama 30 menit menggunakan kapal cepat dari Kota Manggar.

Sementara, di Pantai Olivier difokuskan untuk para fotografer dan peneliti karena merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbit. Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyatakan bahwa pemerintah akan memfokuskan pengamatan Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret mendatang di Bangka Belitung. Alasan dipilihnya Bangka Belitung adalah karena panjangnya wilayah jangkauan di provinsi ini.

Sejumlah wilayah yang mengalami GMT yakni Palembang (Sumatera Selatan), Bangka Belitung, Sampit dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, dan Kalimantan Barat.