Singapura Didaulat Sebagai Paspor Terkuat di Dunia Versi Indeks Paspor

November 1st, 2017 / / Comments Off on Singapura Didaulat Sebagai Paspor Terkuat di Dunia Versi Indeks Paspor
Posted in Newsflash

Singapura berada di posisi pertama dalam Indeks Paspor sebagai paspor terkuat di dunia, setelah Paraguay resmi menghapus persyaratan visa bagi warga Singapura. Kini, Negeri Singa tersebut tercatat skor bebas visa di 159 negara di seluruh dunia. Dari catatan sebelumnya, posisi top sepuluh sebagian besar dipegang oleh negara-negara Eropa, di mana Jerman selalu memimpin di dua tahun terakhir. Namun, sejak awal 2017, Singapura menggeser posisi Jerman dengan unggul satu negara. Negara-negara Asia lainnya hanya bertengger di top 20, antara lain ada Korea Selatan, Jepang, dan Malaysia.

Philippe May selaku Managing Director Kantor Arton Capital Singapore mengatakan, “Untuk pertama kalinya sebuah negara Asia memiliki paspor terkuat di dunia. Ini adalah bukti hubungan diplomatik inklusif Singapura dan kebijakan luar negeri yang efektif.” Di sisi lain, saat Singapura berada di posisi teratas, paspor Amerika Serikat (AS) melorot sejak Trump menjabat sebagai presiden. Baru-baru ini Turki dan Republik Afrika Tengah mencabut status bebas visa mereka kepada pemegang paspor AS.

Indeks Paspor adalah referensi dunia untuk semua paspor yang dikembangkan Arton Capital, penasihat global terkemuka untuk solusi tinggal dan kewarganegaraan. Indeks Paspor menjadi alat interaktif daring yang populer untuk menampilkan, menyortir, dan memberi peringkat paspor dunia. Indeks tersebut memberi peringkat paspor nasional dengan akses lintas batas yang mereka bawa, memberikan nilai bebas visa sesuai dengan jumlah negara pemegang paspor dapat mengunjungi suatu negara dengan kategori bebas visa atau visa saat kedatangan.