Singapura Capai Rekor Kunjungan Tertinggi di 2017

February 15th, 2018 / / Comments Off on Singapura Capai Rekor Kunjungan Tertinggi di 2017
Posted in Newsflash

Penerimaan kunjungan wisata ke Singapura pada 2017 mencapai rekor tertinggi untuk kedua kalinya dalam dalam dua tahun, yaitu meningkat sebesar 3,9 persen menjadi 26,8 miliar dolar Singapura karena terdapat penambahan jumlah kunjungan dari 10 sumber wisatawan utama. Ke-10 negara tersebut berasal dari negara-negara berdaya beli tinggi, seperti Tiongkok, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris. Kunjungan wisatawan juga meningkat 6,2 persen menjadi 17,4 juta. Tiga pasar terbesar pengunjung ke Singapura adalah Tiongkok, Indonesia, dan India, di mana secara khusus India menampakkan pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar 16 persen.

Kedatangan pengunjung dari Indonesia juga mengalami pertumbuhan sebanyak dua persen menjadi 2.954.000 di 2017, di mana Desember 2017 mencatat kunjungan wisatawan dari Indonesia tertinggi dan mencapai 330.081 pengunjung. “Jakarta masih masih mnejadi sumber kedatangan pengunjung utama dari Indonesia, walau kota-kota lain di Indonesia menampakkan petumbuhan signifikan selama 2017. Kantor Regional kami yang baru dibuka di Surabaya pada Oktober 2017 memudahkan untuk memperkuat pemasaran di bagian timur Pulau Jawa, Bali, dan Sulawesi. Sementara Kantor Regional kami di Jakarta akan fokus pada pemasaran di bagian tengah dan barat Pulau Jawa, serta Sumatera,” jelas Raymond Lim, Area Director Indonesia.

Target di 2018

Pelayaran dengan kapal pesiar dari Singapura juga meningkat selama 2017, seiring makin bertambahnya armada yang memulai pelayaran dari Singapura, yaitu 421 armada dengan 16 di antaranya baru berlayar pertama kali. “Tren berlayar dari Singapura di kalangan masyarakat Indonesia, terutama untuk pasar keluarga dan kegiatan insentif maupun meeting perusahaan akan berlanjut di 2018. Untuk 2018, Singapore Tourism Board (STB) ingin mempertahankan pertumbuhan dan pencapaian melampaui tiga juta pengunjunga dari Indonesia dengan menargetkan orang-orang yang belum pernah ke Singapura dan menumbuhkan pasar wisatawan Muslim,” tambah Lim.

STB baru saja memperkenalkan motto baru untuk memasarkan Singapura, yaitu Passion Made Possible, yang menghubungkan Singapura sebagai destinasi dengan audiens internasional pada tingkat yang lebih dalam melalui berbagai kisah dan representasi autentik tentang negara ini. Untuk memperluas jangkauannya, STB juga memperpanjang kemitraan dengan Changi Airport Group (CAG) dan Singapore Airlines (SIA) untuk berinvestasi di kota-kota sekunder di Tiongkok dan Indonesia demi mendorong lebih banyak pengunjung ke Singapura.

Di 2018, Singapura akan terus menarik dikunjungi dengan terus menghadirkan berbagai acara kelas dunia, terlebih dengan kehadiran Disney Star Wars, Ultimate Fighting Championship Fight Night Singapore, dan perpanjangan kontrak dengan Formula One Singapore Grand Prix. STB juga akan terus meningkatkan konsep berbagai acara lokal, seperti Christmas on a Great Street di Orchard Road dan Anime Festival Asia, serta menghadirkan Michelin Street Food Festival dan Singapore Festival of Fun. Itu semua masih ditambah Digital Light Canvas di Marina Bay Sands, Dover Street Market di Dempsey, dan AJ Hackett Bungy Jumping di Sentosa, serta Maritime Experiential Museum di Resorts World Sentosa dan Madame Tussauds di Sentosa.