Singapore Airlines dan SilkAir Wajibkan Penumpangnya Kenakan Masker Selama Penerbangan

May 12th, 2020 / / Comments Off on Singapore Airlines dan SilkAir Wajibkan Penumpangnya Kenakan Masker Selama Penerbangan
Posted in Newsflash

Penumpang yang bepergian dengan Singapore Airlines (SIA) dan SilkAir kini diwajibkan untuk membawa masker sendiri, untuk dikenakan selama penerbangan. Persyaratan penggunaan masker wajah ini sesuai dengan arahan yang dikeluarkan Otoritas Penerbangan Sipil Singapura.

Sebelumnya, awak kabin Singapore Airlines sudah mengenakan masker dan sarung tangan selama penerbangan. Pihak maskapai juga menyampaikan bahwa penumpang harus mengamati langkah-langkah untuk menjaga jarak, mulai dari di bandara, di dalam pesawat, hingga tiba di tujuan. Di samping itu, tiap penumpang akan menjalani penilaian kesehatan sebelum naik pesawat, seperti pemeriksaan suhu tubuh.

Tidak hanya SIA dan SilkAir yang menerapkan aturan penggunaan masker, sejumlah operator penerbangan seperti Emirates, Air Canada, dan Air France, juga telah mengeluarkan aturan serupa. Selain aturan penggunaan masker, pihak maskapai juga mengubah prosedur makanan yang akan diberikan pada semua penerbangan, kecuali untuk penerbangan di Asia Tenggara dan layanan ke Tiongkok, di mana camilan dan minuman akan disediakan saat naik sebagai gantinya. Bagi pelanggan yang membutuhkan makanan khusus dapat meminta dari daftar makanan yang telah disusun berdasar pedoman International Air Transport Association (IATA).