Selebritis ASEAN Eksplor Malaysia

October 6th, 2016 / / Comments Off on Selebritis ASEAN Eksplor Malaysia
Posted in Newsflash

Malaysia kembali menggelar acara tahunan ASEAN Celebrity Explore Quest Malaysia (ACEQM) 2016 pada 6 – 13 Oktober 2016. Digelar untuk keempat kalinya, acara yang melibatkan seluruh negara ASEAN yang diwakili dengan selebriti masing-masing negara ini dibuka pada Jumat (6/9/2016) malam di Shangri-La Kuala Lumpur, Malaysia oleh Menteri Pariwisata dan Budaya Malaysia, Y.B Dato Seri Mohamed Nazri bin Abd Azis.

Kali ini acara yang melibatkan para selebriti muda untuk mempromosikan pariwisata Malaysia ini mengajak lebih dari 80 peserta dari negara-negara ASEAN, yaitu delapan orang dari Brunei Darussalam, tujuh orang dari Singapura, sembilan orang dari Kamboja, delapan orang dari Indonesia, sembilan orang dari Laos, 10 orang dari Malaysia, delapan orang dari Myanmar, delapan orang dari Filipina, sembilan orang dari Thailand, dan sembilan orang dari Vietnam.

ACEQM adalah sebuah ajang kompetisi pariwisata yang melibatkan para selebriti ASEAN dengan kemasan menarik untuk mengeksplor destinasi wisata Malaysia. Acara yang merupakan kompetisi antar selebriti ini menggelar beberapa games menarik sambil mengeksplor pariwisata Malaysia yang beragam, seperti games mencari harta karun di Sunway Lagoon Kuala Lumpur, perang laser, dan adu ketangkasan mainan tradisional.

“Kita berharap dari para selebritis ini bisa mempengaruhi para follower-nya di media sosial untuk tertarik datang ke Malaysia”, terang  Y. Bhg Datuk Seri Mirza Mohamad Taiyab, Direktur Jenderal Pariwisata Malaysia.

Tahun ini ACEQM 2016 akan mengambil lokasi di Kuala Lumpur, Putra Jaya, dan Sabah. Di mana pemilihan Sabah didasarkan pada keunikan wilayahnya yang kaya dengan wisata alam dan budaya tradisonalnya yang unik.

Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia, Y.B Dato Seri Mohamed Nazri bin Abd Azis

Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia, Y.B Dato Seri Mohamed Nazri bin Abd Azis

Malaysia tetap diminati

Di tengah lesunya perekonomian dunia, Malaysia tetap optimis dengan industri pariwisatanya. Melemahnya mata uang ringgit terhadap beberapa mata uang dunia, termasuk rupiah justru dijadikan momen berharga untuk mempromosikan pariwisata.

“Karena ringgit melemah, maka ini kesempatan untuk belanja di Malaysia, karena segalanya jadi murah,” lanjut Y.B Dato Seri Mohamed Nazri bin Abd Azis.

Orang ASEAN yang pada umumnya suka traveling tak akan melewatkan acara-acara pariwisata yang digiatkan Malaysia, salah satunya adalah balap MotoGP yang banyak menarik minat turis Indonesia. Ini terbukti dari data lima besar kunjungan turis ke Malaysia yang dilansir Kementerian Pariwisata Malaysia, di mana negara-negara ASEAN mendominasi kunjungan, yaitu: Singapura, Indonesia, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Menyinggung soal para selebritis yang akan berkiprah di ajang ACEQM 2016, Malaysia belum berencana untuk mengembangkan acara dengan mengajak para selebritis dunia di luar ASEAN.

“Pasar terbesar kami adalah ASEAN, belum saatnya melibatkan selebriti Hollywood. Kami justru ingin mengembangkan konsep untuk saling mengunjungi negara ASEAN, karena dengan begitu akan terjalin emosi antar sesama warga ASEAN dan akan saling mendukung pariwisata dari tingkat regional,” ujar Y.B Dato Seri Mohamed Nazri bin Abd Azis.

Para selebriti dari 10 negara ASEAN berfoto bersama saat jumpa media di Kuala Lumpur

Para selebriti dari 10 negara ASEAN berfoto bersama saat jumpa media di Kuala Lumpur

 

Selebriti Indonesia, Yonggi Miladian, sedang beraksi di acara Gala Diner ASEAN Celebrity Quest Explore Malaysia 2016

Selebriti Indonesia, Yonggi Miladian, sedang beraksi di acara Gala Diner ASEAN Celebrity Quest Explore Malaysia 2016