Salah Satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Australia Terancam Punah karena Krisis Iklim

October 15th, 2020 / / Comments Off on Salah Satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Australia Terancam Punah karena Krisis Iklim
Posted in Newsflash

Menjadi salah satu keajaiban alam dan Situs Warisan Dunia UNESCO, Great Barrier Reef terancam punah karena kehilangan setengah dari terumbu karang sejak 1990-an. Menurut peneliti dari ARC Center of Excellence for Coral Reef Studies dari James Cook University di Queensland, penyebab utama hilangnya terumbu karang karena perubahan iklim.

Dilansir dari CNN berdasar laporan Terry Hughes, dijelaskan bahwa jumlah ukuran terumbu karang menurun lebih dari 50 persen sejak 1990-an. Tingkat pertumbuhan karang di seluruh dunia saat ini terlihat mengkhawatirkan, namun yang terjadi di Great Barrier Reef begitu signifikan, terutama jika dibandingkan dengan kondisinya sekitar tahun 1995-1996. Para peneliti menemukan kerusakan di area tertentu disebabkan karena krisis iklim, terutama di wilayah utara dan tengah, serta setelah pemutihan karang secara massal pada 2016 dan 2017.

Pemicu utama penurunan tersebut adalah kenaikan suhu laut yang menyebabkan pemutihan karang, merupakan fenomena ketika karang mengeluarkan alga di jaringannya dan berubah menjadi putih karena airnya terlalu hangat. Meskipun tidak membunuh terumbu karang, perubahan ini menyebabkannya mesti bertahan hidup di bawah tekanan yang ekstrem dan membuka potensi kematian yang lebih besar.

Berkurangnya terumbu karang juga dialami Amerika Serikat, yang kehilangan setengah dari terumbu karangnya dalam satu tahun setelah peristiwa pemutihan karang secara massal pada 2005. Hal ini terjadi ketika perairan Karibia yang hangat mengelilingi sekitar U.S Virgin Islands dan Puerto Rico, kemudian menyebar ke selatan.