Rusia, Pasar Baru Wisata Indonesia

February 23rd, 2015 / / Comments Off on Rusia, Pasar Baru Wisata Indonesia
Posted in Newsflash

Meski terjadi penurunan kunjungan wisatawan asal Rusia ke Indonesia, namun pasar untuk mendatangkan turis asal Rusia masih tetap potensial. Ini diakui oleh Konsul Kehormatan Rusia di Denpasar Bali, Chairul Nuku Hamka yang menyatakan bahwa pariwisata Indonesia masih berpeluang besar merebut pasar wisatawan dari Rusia. “Potensi pasar Rusia sangat bagus dan mereka memiliki kualitas yang juga bagus,” jelas Chairul.


Menurut Chairul, data statistik menujukkan dengan perbandingan 10 orang wisatawan Jerman dan dua orang wisatawan dari Rusia, memiliki kekuatan yang sama baik dari pengeluaran maupun dari lama tinggal. Keyakinan ini juga didapat dari data yang menunjukkan bahwa rata-rata per bulan wisatawan Rusia yang mengunjungi Bali mencapai 4.000 hingga 5.000 orang.

“Wisatawan Rusia tinggal di hotel berbintang lima dengan segmen pasar yang tinggi,” jelasnya.

Selama tahun 2013, tercatat sebanyak 93.622 wisatawan Rusia berkunjung ke Indonesia namun di tahun 2014 menurun menjadi 88.775 orang. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu selain karena belum ada jadwal penerbangan langsung dari Rusia ke Indonesia, juga karena masalah ekonomi internal berupasanksi embargo yang dialami Rusia hingga menyebabkan nilai mata uang Rubel melemah.

Meski kondisinya tak menguntungkan, wisatawan Rusia masih sangat mengharapkan adanya jadwal penerbangan langsung yang secara reguler dari Rusia ke Indonesia. Selama ini, kunjungan para turis Rusia yang berlibur ke Bali adalah  menggunakan armada charter yang dilayani oleh maskapai penerbangan Rusia, Transaero, sebanyak satu kali dalam seminggu.

Sedangkan untuk maskapai nasional, hingga saat ini belum ada kepastian jadwal penerbangan reguler dari Indonesia ke Rusia. Di tahun 2011, Garuda Indonesia sempat membahas untuk melayani rute ke empat kota besar di Rusia, namun hingga saat ini karena masih dalam proses pengurusan izin, maka rencana itu belum juga terwujud.  Untuk mendongkrak kunjungan wisatawan dari Rusia ini juga pemerintah Indonesia dan Rusia saat ini mulai membahas tentang pemberlakuan bebas visa untuk kunjungan ke kedua negara.


Editor