Ritual Peresean Ramaikan Bau Nyale di Lombok

February 26th, 2016 / / Comments Off on Ritual Peresean Ramaikan Bau Nyale di Lombok
Posted in Newsflash

Festival Bau Nyale digelar di Lombok pada 22-29 Februari 2016. Salah satu acaranya adalah menghadirkan atraksi ketangkasan Peresean. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari pada 23-26 Februari 2016 dengan mengambil tempat di Pantai Kuta, Lombok Tengah.

Tradisi Peresan banyak diminati wisatawan dengan mencoba langsung menggunakan rotan untuk adu pukul dengan lawannya. Masing-masing dilengkapi perisai yang terbuat dari kulit kerbau.

“Sebelum bertanding wisatawan yang hadir juga ikut menari. Saat gending ditabuh makin kencang, gerakan-gerakan menari mereka mirip Pepadu yang sedang saling mengejek. Atraksinya ini banyak mengundang perhatian warga yang ada di Pantai Kuta,” jelas  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, Mohamad Faozal.

Walaupun ada unsur kekerasan, Peresean tetap akan dilestarikan Pemerintah Provinsi NTB. Alasannya adalah di balik kekerasan tadi, ada tujuan untuk silaturahmi, persahabatan dan sportivitas. Para pepadu tidak menaruh dendam di luar pertarungan karena filosofi dari tradisi ini yaitu bukan mencari lawan, melainkan mencari teman atau saudara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut bahwa Lombok kaya akan tradisi dan budaya. Lombok juga sudah ditetapkan sebagai satu dari 10 Top Destinasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai ikon.