Replika Rumah Shakespeare Akan Hadir di Tiongkok

October 1st, 2018 / / Comments Off on Replika Rumah Shakespeare Akan Hadir di Tiongkok
Posted in Newsflash

Tak perlu pergi ke Inggris untuk melihat Shakespeare’s Birthplace dan Shakespeare’s New Place karena dua tempat bekas kediaman William Shakespeare tersebut akan dibuat ulang di Tiongkok.

Pembangunan replika rumah-rumah Shakespeare di Tiongkok adalah bagian dari proyek San Weng, sebuah pusat budaya dan sejarah internasional baru di dekat kota Fuzhou, Provinsi Jiangxi, China Selatan, yang akan menampilkan berbagai karya dan objek lainnya yang berhubungan dengan tiga tokoh sastra besar dari Timur dan Barat, yakni Shakespeare, Cervantes, dan Tang Xianzu, penulis drama terkenal di kawasan ini. Tempat wisata ini rencananya beroperasi mulai 2020.

Replika rumah Shakespeare ini sendiri dibangun atas hasil kerja sama Shakespeare Birthplace Trust dan Fuzhou Culture and Tourism Investment Company Ltd. Pembangunan saat ini sedang berlangsung dan Shakespeare Birthplace Trust bakal mengunjungi situs tersebut pada 29 September.

Shakespeare Birthplace Trust sendiri adalah organisasi amal independen yang peduli terhadap situs dan koleksi warisan Shakespeare di kampung halamannya, Stratford-upon-Avon, Inggris. Mereka akan memberikan otoritas ahlinya sebagai konsultan untuk proyek mereproduksi dua rumah keluarga Shakespeare yang terkenal.

The Shakespeare Birthplace Trust akan memberikan data historis dan kontemporer untuk desain dan konstruksi rumah-rumah asli, panduan tentang metode dan bahan bangunan tradisional, serta dukungan untuk konten pameran dan presentasi. Rumah-rumah tersebut nantinya harus mendapat persetujuan, baik dari semua tahap desain, pembangunan, maupun interpretasi.

Peter Kyle selaku ketua dari Shakespeare Birthplace Trust, mengatakan, “Kemitraan dua arah yang inovatif ini akan secara signifikan memajukan tujuan amal kami untuk mempromosikan pemahaman tentang kehidupan dan karya Shakespeare.”

“Jutaan orang yang mungkin tidak pernah memiliki kesempatan untuk mengunjungi pusat Shakespeare global kami di Stratford-upon-Avon sekarang akan memiliki kesempatan untuk mengenal lebih dekat akan sosok Shakespeare di Tiongkok.”