Rayakan Halloween dengan Mengunjungi Tempat Berhantu di Selandia Baru

October 10th, 2018 / / Comments Off on Rayakan Halloween dengan Mengunjungi Tempat Berhantu di Selandia Baru
Posted in Newsflash

Wisata di Selandia Baru identik dengan mengunjungi Hobbiton, Mount Cook, menjelajah Pulau Selatan yang kecantikannya mampu membius setiap kali memandangnya. Bagaimana kalau menikmati selebrasi Halloween di Negeri Kiwi? Pengalaman unik ini bisa dimanfaatkan dengan mengunjungi sejumlah tempat ikonik di negeri ini yang sarat dengan kisah mistis yang mengundang rasa penasaran. Apa saja tempat-tempat misteri yang dapat dikunjungi saat libur Halloween di Selandia Baru?

The Opera House Wellington

Awalnya dinamakan Grand Opera House, The Opera House Wellington dibangun pada 1911 oleh arsitek asal Melbourne, William Pitt. Bangunan bertingkat tiga ini dengan lantai kayu ini pernah masuk dalam adegan teater dalam film King Kong (2005) arahan Peter Jackson. Dari segi arsitektur, bangunan klasik ini yang selesai dibangun pada tahun 1914 ini memiliki fitur-fitur menarik, seperti lengkungan proscenium, interior bangunan yang penuh dengan ukiran cantik, dan langit-langit berkubah. The Opera House Wellington termasuk dalam daftar tempat misteri yang mesti dikunjungi karena kisah hantu Albert Liddy, arsitek yang mendesain panggung di gedung opera ini. Albert yang diakui begitu membanggakan kemampuannya mendesain saat itu tidak selaras ide dengan arsitek lainnya, ia pun diketahui bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri di teater, walau ada kabar kalau ia menggantung diri akibat polemik dengan arsitek lain. Pasca kejadian bunuh diri ini, terjadi tiga peristiwa janggal selama enam bulan, di mana sejumlah orang mengalami cedera di tempat yang sama di area seating boxes di sisi panggung. Sejumlah cerita juga dilaporkan pengunjung yang kerap melihat pria berlarian melintasi galeri. 

Rumah Sakit Kingseat Auckland

Kota Auckland di Pulau Selatan menyimpan sejarah kelam melalui rumah sakit jiwa paling terkenal di Selandia Baru, Rumah Sakit Kingseat. Rumah sakit ini dibuka pada 1932 dan ditutup pada 1999, di mana selama rentang waktu itu sudah banyak staf dan pasien rumah sakit yang meninggal di sana. Tersiar kabar kalau lebih banyak perawat yang meninggal di Kingsteat dibandingkan pasien, bahkan isu staf rumah sakit yang meninggal karena bunuh diri sudah menjadi hal biasa di sini. Laporan-laporan dari bekas pasien juga menyebutkan bahwa mereka kerap disiksa dan mendapatkan perlakuan tidak pantas selama menghuni Kingseat yang sempat menampung hingga 800 pasien. Insiden-insiden gaib sering ditemukan di sekitaran rumah sakit, yang terkenal adalah penampakan hantu yang dikenal sebagai The Grey Nurse. Keangkeran Kingsteat dapat dinikmati melalui acara hiburan Spookers Haunted Attraction, di mana pengunjung dapat menelusuri bangunan dan perkarangan rumah sakit yang akan mengejutkan mereka.

Napier Prison Hawke’s Bay

Merupakan penjara tertua di Selandia Baru yang dibangun pada 1862 dan aktif beroperasi hingga 199 yang kini menjadi salah satu atraksi wisata di Hawke’s Bay. Sejak 2002 Napier Prison dibuka untuk umum, di mana wisatawan dapat mengikuti tur audio sembari menjelajah sudut-sudut penjara yang sempat terkena imbas saat gempat bumi menyerang Hawke’s Bay pada 1931 yang dikenal dengan sebutan Napier Eartquake atau 1931 Hawke’s Bay Earthquake. Kisah gaib mengenai penjara yang dibangun di Bukit Napier berasal dari arwah empat orang yang kerap muncul di sekitaran penjara, mereka adalah tahanan yang digantung semasa penjara ini beroperasi. Penjara ini juga merupakan tempat untuk menampung anak yatim piatu dan pasien gangguan kejiwaan. Langkah kaki serta pintu yang terbuka dan tertutup merupakan kisah mistis yang sering diungkap pengunjung.