Rancangan Martha Ellen Padukan Budaya Bali dan Eropa

February 23rd, 2015 / / Comments Off on Rancangan Martha Ellen Padukan Budaya Bali dan Eropa
Posted in Newsflash

Tanggal 12 Februari yang lalu Martha Ellen, perancang busana dari Inggris mengeluarkan koleksi pertamanya di butik Martha Ellen di Kemang, Jakarta Selatan. Menggunakan kain tenun ikat Bali, Martha merancang pakaian yang menggabungkan unsur etnik Nusantara dengan rancangan modern sehingga lebih mudah dipakai sehari-hari.

Martha yang sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan advertising di Inggris jatuh cinta pada kain tenun ikat Bali sejak diminta oleh seorang teman untuk membuatkan sebuah gaun. “Saya menyusuri Bali mencoba menemukan bahan yang cocok dan langsung menyukai tenun ikat yang dibuat dengan keterampilan luar biasa oleh para wanita Bali.” Koleksi perdananya ini terinspirasi dari kegiatan aktif sahabatnya, Hannah Al Rashid, seorang model dan pembawa acara yang tinggal di Jakarta. “Demi menciptakan pakaian yang dapat dikenakan untuk bekerja sehari-hari, namun juga fun dipakai dalam acara-acara after hour,” katanya. Martha Ellen ingin merancang pakaian yang dapat dikenakan oleh wanita-wanita dengan kehidupan yang sibuk—banker, aktris, diplomat, para ibu, traveller dan mereka yang memiliki pemikiran mandiri, yang di tengah kesibukan mereka tetap menghargai jenis pakaian yang berkualitas dan juga unik.

Hal tersebut tepat karena untuk membuat sebuah motif ikat diperlukan waktu yang cukup lama. Martha memesan secara spesifik rancangan tenun ikat yang diinginkannya, terinspirasi oleh berbagai unsur kebudayaan dunia. Ada yang terinsipirasi dari motif checkered khas Bali atau dari peradaban lama Aztec. Para penenun membuat motif ikat khusus untuk Martha Ellen sehingga rancangannya menjadi unik dan tidak banyak dijumpai di pasaran.

Di butiknya yang berlimpah sinar matahari, Martha menceritakan kesenangannya mengombinasikan unsur budaya Asia yakni tenun ikat Bali dan rancangan Eropa. “Bahan kain yang saya gunakan memang asli dari Indonesia. Namun saya akan mengatakan bahwa rancangan saya adalah rancangan ala wanita Inggris.” Menggunakan warna-warna yang lembut, Martha Ellen berhasil menampilkan kesan tenang dan juga elegan dalam rancangan-rancangannya.

Koleksi SS15 akan diluncurkan dalam dua tahap. Tahap pertama pada bulan Februari dan tahap kedua pada bulan Mei 2015. Calon pembeli memiliki tiga opsi. Opsi pertama adalah membeli langsung pakaian yang sudah jadi di butik Martha Ellen atau di online store (www.bobobobo.com), membeli langsung di butik dengan meminta Martha melakukan penyesuaian ukuran atau memesan variasi desain, atau bertemu langsung dengan Martha untuk merancang custom design sesuai dengan keinginan pembeli. Butik Marta Ellend apat dikunjungi di Jl. Kemang Selatan 8/JL. Pelita, No. 5ABC, Cipete, Jakarta Selatan.

 

Martha Ellen

T. 081385880056

clothesbyme@gmail.com

www.marthaellen.com