Queensland Tawarkan Berbagai Atraksi Seru

July 27th, 2016 / / Comments Off on Queensland Tawarkan Berbagai Atraksi Seru
Posted in Newsflash

Demi meningkatkan kunjungan wisatawan dari Asia Tenggara, terutama Indonesia, Tourism and Events Queensland memperkenalkan berbagai atraksi menarik yang kini sedang populer.

“Selama ini, turis Indonesia lebih senang ke Sydney dan Melbourne. Kalaupun ke Queensland, mereka hanya mampir ke Gold Coast untuk bermain di theme park. Padahal Queensland juga memiliki berbagai destinasi menarik lainnya,” kata Lim Mui Khim, Direktur Internasional Asia Selatan dan Tenggara Tourism and Events Queensland yang ditemui saat acara jamuan makan siang media di The Cloud Lounge & Dining, Jakarta, 27 Juli 2016.

Q5Mulai dari menyelam di Cairns dan Great Barrier Reef, menyusuri pantainya yang berpasir putih di sepanjang Gold Coast, hingga menyelami gaya hidup masyarakat lokal – semua ada di Queensland. Untuk soal transportasi pun mudah, yaitu tersedia taksi, trem G:link (khusus Gold Coast), kereta, bus, atau kapal CityCat (khusus Brisbane) yang rute, jadwal, dan ongkosnya dapat dilihat di translink.com.au.

Destinasi Liburan Terbaik
Menurut Tjoa Su Yen, Marketing Manager Tourism and Events Queensland, Queensland memiliki berbagai aktivitas dan destinasi yang terbagi dalam empat kategori, yakni Lifestyle, Natural Encounters, Reef Islands and Beaches, serta Events. “Saking banyaknya aktivitas, Queensland yang dijuluki Sunshine State karena cerah sepanjang tahun ini juga disebut-sebut sebagai salah tujuan liburan terbaik, baik bagi pasangan maupun keluarga,” tambah Su Yen.

Untuk kategori Lifestyle, pengunjung diajak melihat gaya hidup penduduknya yang santai dan gemar beraktivitas di luar ruang. Brisbane sebagai ibu kota Queensland pun merupakan kota yang berjiwa muda, serta penuh semangat dan gairah kehidupan. Gang-gangnya yang sempit di sini dipenuhi café al fresco, bar, dan bahkan galeri seni, sehingga menarik untuk dieksplor.

Q4Sementara Gold Coast – sekitar satu jam berkendara dari Brisbane – terkenal dengan berbagai wahana seru dan olaharaga airnya. Bila masih belum puas, bisa menuju Cairns di utara Queensland yang merupakan pintu gerbang menuju Great Barrier Reef, atau Port Douglas, kota resor yang digemari selebriti internasional, mulai dari Matthew McConaughey, Kate Hudson, Tom Hanks, hingga Steven Spielberg, serta para penikmati kuliner karena memiliki berbagai hidangan laut terbaik.

Berdekatan dengan Alam
Bagi pecinta alam, pengalaman berdekatan dengan satwa khas Australia bakal menjadi hal yang paling berkesan.
KoalaDi Currumbin Wildlife Sanctuary (cws.org.au), misalnya, pengunjung dapat melihat satwa endemik Australia sekaligus mengenal kebudayaan Aborigin. Di sini jugalah pengunjung dapat memeluk koala, mengamati buaya air asin terbesar di Australia, melihat tasmanian devil, dan memberi makan kanguru. Australia tidak mengizinkan memeluk koala karena mamalia ini stres kalau dipeluk dan gangguan emosional ini merupakan salah satu penyebab utama kematian koala. Hanya di Queensland dan Australia Selatan yang memungkinkan pengunjung memeluk koala dengan cara yang benar, yaitu berdiri tegak dan mematung dengan tangan terbuka untuk menunggu koala menghampiri.

Sementara di Pulau Moreton, sekitar 40 kilometer di lepas pantai Brisbane, terdapat Tangalooma Island Resort yang memiliki program berinteraksi dengan lumba-lumba hidung botol yang mengunjungi pantai ini setiap sore. Program ini sudah berlisensi dan menjadi satu-satunya tempat yang diizinkan untuk memberi makan lumba-lumba liar.

Q3Bagi yang ingin melihat paus bungkuk (Megaptera novaeangliae), bisa menuju Hervey Bay yang kerap disinggahi mamalia tersebut pada Juni hingga Oktober untuk berkembang biak dalam perjalanannya dari Antartika menuju Kepulauan Whitsunday. Paus bungkuk terkenal suka pamer dan menunjukkan atraksi akrobat, seperti melompat ke atas permukaan air laut atau menampar air dengan sirip dan ekornya yang besar, sehingga banyak operator pun menyediakan wisata pesiar untuk menontonnya.

Keindahan Taman Laut
Terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, Great Barrier Reef merupakan kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang membentang sepanjang 2.600 kilometer di lepas pantai Queensland. Menyelam adalah cara terbaik untuk melihat keindahan alam bawah lautnya atau dengan menaiki kapal berlantai kaca dari Cairns, Port Douglas, Townsville, Bundaberg, Rockhampton, Mackay, Mission Beach, dan Airlie Beach.

Q1Bagi penyuka pantai pun bisa menuju Pantai Whitehaven Beach. Pantai di Pulau Whitsunday ini mencuri perhatian dan pernah masuk ke dalam daftar pantai ketiga terbaik di dunia pilihan para wisatawan di situs TripAdvisor. Air jernih dan pasir terentang hingga lebih dari tujuh kilometer di sepanjang Pulau Whitsunday, pulau terbesar di antara 74 pulau di kawasan ini. Di utara Pantai Whitehaven terdapat Hill Inlet, sebuah teluk terlindung tempat pergantian pasang-surut air yang membuat air dan pasir bagai goresan cat pada kanvas sehingga menghasilkan pemandangan yang menakjubkan.

Acara Menarik
Selain atraksi alam dan budaya. Queensland juga terkenal dengan berbagai acara tahunan yang menarik. Gold Coast, misalnya, memiliki reputasi sebagai tuan rumah acara olahraga kelas dunia, termasuk Sudirman Cup 2017 dan Commonwealth Games 2018 yang akan datang. Acara khas lainnya, termasuk acara olahraga dan gaya hidup, yang diadakan setiap tahun antara lain Gold Coast Airport Marathon, Blues on Boardbeach, Brisbane EKKA, Woodford Festival, Ironman Cairns, dan banyak lagi.

Bila tertarik berkunjung, rencanakan liburan Anda sekarang dan cari tahu lebih banyak lagi tentang Queensland di www.queensland.com.