Qantas Pesan Pesawat Dreamliners Tambahan

May 8th, 2018 / / Comments Off on Qantas Pesan Pesawat Dreamliners Tambahan
Posted in Newsflash

Maskapai nasional Australia, Qantas Airways mengumumkan pemesanan enam pesawat tambahan Boeing 787-9 Dreamliners untuk melengkapi jaringan internasional mereka, sehingga penambahan ini menjadikan jumlah armada Dreamliners Qantas hingga 2020 mencapai 14 buah. Kehadiran 787-9 merupakan salah satu misi Qantas untuk segera menghentikan penggunaan Boeing 747, jenis pesawat yang telah menjadi bagian dari armada maskapai ini sejak 1971.

Menyingkapi pemesanan Dreamliners ini, Alan Joyce selaku CEO Group Qantas menyatakan, “Ini merupakan salah satu momen penting bagi Qanas, yang menjadi penanda akhir dari suatu era dan awal dari era berikutnya. Selama 40 tahun Boeing 747 menjadi tulang punggung perusahaan bersama dengan Boeing lainnya yang pernah beroperasi. Penarikan Boeing 747 ini akan bersamaan dengan perayaan ulang tahun Qantas ke-100 yang jatuh di 2020.”

Penggunaan pesawat 787 Dreamliners tentunya akan memberi keuntungan ekonomi bagi Qantas, di mana akan memungkinkan maskapai ini menjangkau jarak yang lebih jauh lagi, seperti rute Perth-London yang baru saja beroperasi, yang merupakan satu-satunya rute yang menghubungkan dua benua, yaitu Australia dan Eropa. Interior dari pesawat 787 ini memiliki konfigurasi sama dengan pesawat yang sudah digunakan selama ini, walaupun memiliki jumlah kursi lebih sedikit (dulunya 364 kursi, sekarang 236 kursi), namun pesawat ini mampu menyediakan lebih banyak tempat duduk untuk Kelas Bisnis dan Ekonomi Premium. Hingga hari ini Qanas telah memiliki empat pesawat 787-9, sementara empat pesawat tambahan akan tiba di akhir 2018. Di akhir 2019 dan 2020, Qantas akan kembali menerima pengiriman enam pesawat tambahan.