Qantas, Maskapai Teraman di Dunia 2021

January 12th, 2021 / / Comments Off on Qantas, Maskapai Teraman di Dunia 2021
Posted in Newsflash

Baru-baru ini, AirlineRatings.com merilis daftar 20 maskapai teraman di dunia berdasarkan faktor keamanan penerbangan maupun kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Meski selama setahun terakhir ini Qantas tidak bisa mengoperasikan penerbangan secara maksimal karena pandemi, hal itu tidak menghentikan maskapai penerbangan asal Australia tersebut untuk dinobatkan kembali sebagai maskapai teraman di dunia selama tiga tahun berturut-turut.

Selain Qantas, empat maskapai lain yang masuk dalam daftar lima besar antara lain Qatar Airways, Air New Zealand, Singapore Airlines, dan Emirates.

Menurut Geoffrey Thomas, Pemimpin Redaksi AirlineRatings.com, maskapai penerbangan yang terpilih masuk dalam daftar maskapai teraman di dunia ini menonjol dalam hal inovasi keselamatan, keunggulan operasional, dan peluncuran pesawat baru yang lebih canggih, seperti Airbus A350 dan Boeing 787.

“Qantas merupakan maskapai yang sangat memerhatikan operasional keselamatan utama selama enam dekade terakhir ini, dan tidak pernah mengalami kecelakaan fatal yang menyebabkan kematian,” kata Thomas. Qantas memang pernah mengalami kecelakaan fatal sebelum 1952, namun sejak saat itu kecelakaannya tidak pernah menelan korban jiwa.  

Selain Qantas, maskapai lain yang sudah lama beroperasi seperti Hawaiian dan Finnar juga memiliki rekor sempurna sebagai salah satu maskapai teraman dalam industri penerbangan.

Inilah daftar 20 maskapai teraman di dunia versi AirlineRatings.com.

1. Qantas
2. Qatar Airways
3. Air New Zealand
4. Singapore Airlines
5. Emirates
6. EVA Air
7. Etihad Airways
8. Alaska Airlines
9. Cathay Pacific Airways
10. British Airways
11. Virgin Australia/Virgin Atlantic
12. Hawaiian Airlines
13. Southwest Airlines
14. Delta Air Lines
15. American Airlines
16. SAS
17. Finnair
18. Lufthansa
19. KLM
20. United Airlines