Qantas Group Dukung Perlindungan Lingkungan

March 12th, 2019 / / Comments Off on Qantas Group Dukung Perlindungan Lingkungan
Posted in Newsflash

Dari data yang tercatat, Qantas dan Jetstar menghasilkan lebih dari 30.000 ton sampah di Australia setiap tahunnya. Menyingkapi fakta ini, kedua maskapai akan memangkas volume sampah menuju tempat pembuangan akhir sebesar 75 persen pada akhir 2021. Misi ambisius ini diumumkan Qantas Group bersamaan dengan penggunaan kembali, mendaur ulang, dan mengubah kompos setidaknya tiga perempat sampahnya menuju tempat pembuangan akhir. Langkah tegas yang diambil Qantas Group tentunya akan menjadikannya sebagai maskapai pertama di dunia yang melakoni kebijakan daur ulang ini.

Alan Joyce selakku CEO Qantas Group menyatakan, “Komunitas bisnis memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi dalam mengatasi masalah lingkungan. Dengan kapasitas penumpang sebesar 50 juta orang setiap tahunnya, kami menghasilkan lebih dari 30.000 ton sampah atau setara dengan berat delapan pesawat 747. Kami memiliki tanggung jawab pada seluruh pelanggan, pemegang saham, dan masyarakat untuk berupaya mengurangi sampah tersebut.”

Sejumlah aksi nyata dilakukan Qantas, QantasLink, dan Jetstar mulai tahun ini, antara lain menggunakan gelas kopi yang dapat didaur ulang (atau diubah menjadi kompos), menghapus penggunaan plastik sekali pakai dan beralih pada kemasan ramah lingkungan, beralih dari penggunaan dokumen fisik menuju kertas (untuk boarding pass dan buku petunjuk), menyumbangkan kelebihan makanan (atau mengubah menjadi kompos), dan mendaur ulang seragam lama.

Melibatkan Peran Penumpang

Selain memangkas penggunaan barang-barang tidak ramah lingkungan, Qantas Group memungkinkan pelanggan untuk memesan tiket melalui situs resmi Qantas dan memilih penerbangan berkarbon netral. Jika calon penumpang memilih opsi tersebut, Qantas Group akan membeli offset karbon dari sumber-sumber resmi, yang berarti pelanggan dapat menetralkan porsi emisi karbon yang dihasilkan dalam penerbangan.

Mulai pertengahan 2019, pelanggan akan memperoleh 10 Qantas Points untuk setiap dolar yang ia belanjakan demi mendapat offset karbon dalam perjalanannya dari Australia. Sebagai contoh, untuk penerbangan pulang pergi dari Melbourne ke London, offset yang dilakukan bernilai 47 dolar Australia, sehingga anggota Qantas Frequent Flyer akan menerima 470 Qantas Points. Penawaran menarik ini dilakukan agar melibatkan penumpang secara aktif untuk mengambil opsi penerbangan berkarbon netral.