Protes INACA Pada Rating Penerbangan

January 7th, 2016 / / Comments Off on Protes INACA Pada Rating Penerbangan
Posted in Newsflash

 

Dirilisnya daftar maskapai teraman dan tidak aman di dunia oleh salah satu situs media asing yang dianggap menyudutkan dunia penerbangan Indonesia ternyata berbuah masalah. Asosiasi Maskapai Nasional Indonesia (Indonesia National Air Transport Association – INACA) mempertanyakan  kriteria penilaian yang dilakukan media asing terhadap aspek keamanan dan keselamatan  penerbangan nasional, mengingat hal ini harus ada metodelogi yang jelas, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.

M. Arif Wibowo selaku Ketua Umum INACA menegaskan, “Kriteria yang jelas amat diperlukan mengingat industri penerbangan full regulated dipenuhi dengan berbagai aturan yang mengikat karena menyangkut resiko yang tinggi dan hidup manusia,”

Safety is Mandatory dan INACA berkomitmen agar seluruh maskapai selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan penerbangan. Kami akan senantiasa patuh pada peraturan atau regulasi keamanan dan keselamatan yang ada,” lanjut Arif.

Keberatan INACA ini berkaitan dengan dirilisnya daftar yang dikeluarkan oleh airlineratings.com yang menyebutkan banyaknya maskapai penerbangan Indonesia dalam daftar maskapai yang berbahaya di dunia dari segi keamanan dan keselamatan.

Arif juga menjelaskan bahwa INACA secara berkala juga selalu melaksanakan workshop CASO (Company Aviation Safety Officer) untuk memastikan operasional penerbangan maskapai di Indonesia sesuai dengan standar yang ada.

INACA juga optimis bahwa Indonesia bisa masuk kategori maskapai yang terbaik dalam safety mengingat saat ini maskapai nasional telah menunjukkan berbagai kemajuan dalam penerapan komitmen keamanan dan keselamatan penerbangan. Sebagai bukti, sejak 2008 Garuda Indonesia telah memiliki sertifikat IOSA (IATA Operational Safety Audit). Sertifikasi IOSA ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali, di mana sertifikat IOSA Garuda Indonesia terakhir baru saja diperpanjang pada tahun 2014 lalu, dan akan kembali diaudit tahun ini.

Pada 2012, Garuda Indoensia juga ditetapkan sebagai “The World’s Best Regional Airline” dan “The Best Regional Airline in Asia”. Pada 2013, Garuda Indonesia dinobatkan oleh Skytrax sebagai “The World’s Best Economy Class”. Dan sejak tahun 2013 tersebut sampai dengan saat ini, Garuda Indonesia juga dinobatkan sebagai salah satu dari “The World’s Top 10 Airlines” oleh Skytrax.

Daftar maskapai yang dinilai tidak aman oleh airlineratings.com adalah:

  1. Batik Air
  2. Bluewing Airlines
  3. Citilink
  4. KalStar Aviation
  5. Lion Air
  6. Sriwijaya Air
  7. TransNusa
  8. Wings Air
  9. Xpress Air

 

Sumber: infopenerbangan.com

Foto: huffingtonpost.com