Pilih Mana, Hong Kong atau Taiwan?

August 7th, 2017 / / Comments Off on Pilih Mana, Hong Kong atau Taiwan?
Posted in Newsflash

Hong Kong dan Taiwan adalah dua destinasi populer di Asia. Baik yang ingin menikmati liburan konvensional dengan mengunjungi tempat-tempat hiburannya maupun yang ingin menjelajah sudut-sudut terpencilnya, dua negara ini sama-sama menawarkan atraksi menawan dan kekayaan budaya yang membuat pengalaman traveling semakin berkesan. Namun bila harus memilih, negara manakah yang sebaiknya Anda tuju?

Berikut ini adalah perbandingan antara Hong Kong dengan Taiwan yang dilihat dari sejumlah kategori, termasuk wisata kuliner, belanja, dan alam, untuk memudahkan Anda memilih.

  • Tempat Belanja

Baik Hong Kong maupun Taiwan memilik deretan tempat belanja bagi segala kalangan, mulai dari pemburu barang vintage hingga penyuka produk bermerek. Namun, bila Taiwan terkenal dengan pasar malamnya, seperti Raohe Street Night Market dan Ximending Shopping District, Hong Kong benar-benar merupakan surga belanja dengan mega mall yang bertebaran di seluruh penjuru kota hingga pertokoan dan pasar malam, sehingga pengunjung pun lebih memiliki banyak pilihan tempat untuk berbelanja. Beberapa favoritnya adalah Langham Place untuk belanja barang-barang bermerek, Temple Street Night Market untuk pengalaman lebih dekat dengan penduduk lokal, serta  Dragon Centre dan Fuk Wa Street untuk produk elektronik dengan harga miring.

Pemenang: Hong Kong

  • Wisata Alam

Bagi yang berencana melarikan diri sejenak dari keriuhan kota untuk mengagumi keindahan alam di kawasan pinggirannya, pergilah ke Taiwan! Negara ini merupakan rumah bagi banyak pegunungan dan pedesaan menawan. Beberapa atraksi utamanya antara lain Golden Waterfalls di Xinbei, sawah Qingjing di Nantou, dan Sun Moon Lake yang bisa diakses dari Formosan Aboriginal Culture Village dengan naik gondola. Selain itu, jangan lewatkan pula Alishan Mountain yang waktu terbaik untuk mengeksplornya adalah saat musim semi ketika sakura bermekaran.

Hong Kong juga punya beberapa atraksi alam, seperti trek hiking di Dragon’s Back ataupun Sheung Tam Stream yang menawarkan banyak kolam pemandian dan air terjun. Namun, meski panoramanya tak kalah cantik, Taiwan memiliki lanskap yang lebih beragam.

Pemenang: Taiwan

  • Panorama Kota

Selain desa-desa yang tenang dan alamnya yang masih asri, pengunjung juga dapat menikmati kemegahan kota di dua negara ini. Taipei memiliki Taipei 101-nya yang mendominasi panorama kotanya, sementara Hong Kong sudah lama terkenal dengan cakrawala kotanya yang semakin cantik saat Symphony of Lights dimulai. Pertunjukan cahaya dan suara di daratan Hong Kong yang tercatat dalam Rekor Dunia Guinness sebagai yang terbesar di dunia ini berlangsung selama 20 menit tiap pukul 20:00. Sembari menunggu, pengunjung dapat berjalan-jalan di Tsim Sha Tsui Promenade untuk melihat Avenue of the Stars, Hong Kong Cultural Centre, Hong Kong Space Museum, dan Hong Kong Museum of Art.

Pemenang: Hong Kong

  • Budaya

Meski sama-sama berakar dari Tiongkok, baik Hong Kong maupun Taiwan memiliki kebudayaan yang berbeda. Sebagian besar sejarah Hong Kong berakar pada perkembangannya sebagai bekas koloni Inggris serta pelabuhan perdagangan utama. Karena kemajuan pesat dan padatnya populasi, kini pengunjung mesti ke museum untuk melihat sejarah negara tersebut di masa lalu, atau hanya sekadar mengagumi bangunan kolonial dari era Victoria dan Neo-Klasik yang masih tersisa.

Di sisi lain, Taiwan memiliki atraksi budaya yang lebih beragam, seperti Chung Tai Chan Monastery yang merupakan kuil Buddha terbesar di Nantou dan Longshan Temple yang bertahan selama beberapa dekade dari bencana alam dan perang. Selain itu, salah satu tradisi Tionghoa yang paling terkenal juga berasal dari Taiwan. Setiap Tahun Baru Imlek, wisatawan dari seluruh dunia berduyun-duyun ke jalur kereta api di distrik Pingxi untuk mengikuti Festival Lentera Pingxi Sky, di mana mereka bakal menuliskan harapan atau permohonan di lentera, kemudian melepaskannya ke langit di malam hari bersamaan dengan lentera lainnya. Selama berabad-abad, tradisi ini menjadi bukti akan kekayaan dan keunikan budaya Taiwan.

Pemenang: Taiwan

  • Kuliner

Belum ke Hong Kong rasanya tanpa mencicipi dim sum – atau yang disebut orang lokal sebagai yum cha. Disajikan secara tradisional dalam steamer bambu, kudapan yang biasanya dinikmati bersama secangkir teh hangat ini biasa dinikmati sebagai sarapan, dengan salah satu restorannya yang terkenal adalah Lin Heung Tea House (160-164 Wellington Street, Central) yang telah beroperasi sejak 1928. Tak hanya itu, Hong Kong juga memiliki sejumlah restoran berbintang tiga Michelin, seperti Lung King Heen, Bo Innovation, dan 8½ Otto e Mezzo Bombana.

Sementara itu, street food Taiwan juga tak kalah lezatnya. Mulai dari beef noodle soup yang merupakan comfort food-nya orang Taiwan, braised pork rice yang harganya terjangkau dan cepat penyajiannya sehingga banyak difavoritkan turis, hingga oyster omelette yang proses pembuatannya dijamin membuat orang menelan ludah – semua ada di sebagian besar night market dan food market di Taiwan. Dan tentu saja, semua sajian ini paling enak dinikmati bersama bubble tea yang terdiri beragam topping. 

Pemenang: Keduanya

  • Transportasi

Untuk urusan transportasi dalam kota, Hong Kong memiliki jaringan kereta bawah tanah MTR yang dapat menghubungkan penumpangnya ke berbagai area. Dengan kartu pintar Octopus, perjalanan dengan naik kereta ini semakin nyaman, bahkan untuk turis sekalipun, karena kartu ini pun bisa digunakan untuk naik feri, minibus, dan bahkan trem kuno yang merupakan cara unik untuk mengeksplor kotanya.

Di Taiwan, penumpang juga dapat mengeksplor kota-kotanya dengan naik bus maupun kereta. Meski berdurasi lebih lama dibanding kereta cepat, penumpang dapat menikmati panorama cantik di sepanjang jalan.

Pemenang: Keduanya

  • Akomodasi

Walau akomodasi di Hong Kong maupun Taiwan sama-sama beragam, yaitu mulai dari hostel bujet hingga hotel berbintang, kebanyakan homestay dan guesthouse unik di Hong Kong berada di pinggiran kota. Sementara Taiwan memiliki akomodasi unik yang lokasinya lebih tersebar, seperti apartemen kapsul yang berada di pusat kota hingga rumah-rumah pedesaan bagi yang berniat menjauh dari keramaian. Karena itulah, untuk kategori ini, Taiwan lah pemenangnya!

Pemenang: Taiwan

Terlepas dari semua perbandingan ini, baik Hong Kong maupun Taiwan sama-sama menawarkan cara unik untuk menikmati atraksi dan kebudayaan mereka yang beragam. Bila memiliki waktu lebih, tentu saja dua negara ini wajib dikunjungi untuk mengenal sendiri perbedaannya!