Penerbangan Langsung dan Penerbangan Nonstop Tidaklah Sama

February 13th, 2020 / / Comments Off on Penerbangan Langsung dan Penerbangan Nonstop Tidaklah Sama
Posted in Newsflash

Ketika mencari tiket pesawat, pejalan akan menemukan keterangan penerbangan langsung (direct flights) dan penerbangan nonstop (nonstop flights). Sebagian mungkin beranggapan sama saja artinya, di mana kedua penerbangan tidak melakukan transit dan langsung menuju tujuan. Sesungguhnya, ada perbedaan mendasar antara penerbangan langsung dan nonstop yang wajib dipahami calon penumpang sebelum mengambil keputusan saat memesan perjalanan.

Penerbangan Nonstop (Nonstop Flights)

Jenis penerbangan ini tidak melakukan pemberhentian sama sekali, langsung menuju rute tujuan. Dengan kemajuan teknologi, penerbangan jenis ini didesain sedemikian rupa sehingga tidak perlu transit untuk mengisi bahan bakar. Biasanya penerbangan nonstop menawarkan tiket paling mahal dan selalu muncul di daftar teratas saat melakukan pencarian.

Penerbangan Langsung (Direct Flights)

Sebaliknya, penerbangan langsung memiliki satu nomor penerbangan tetapi dapat membuat satu atau lebih pemberhentian sebelum menuju rute tujuan. Penerbangan langsung berhenti di titik tengah agar penumpang turun dan naik pesawat, atau untuk kebutuhan teknis, seperti pengisian bahan bakar. Penerbangan langsung umumnya lebih murah dari penerbangan nonstop, tetapi lebih mahal dari penerbangan lanjutan. Penumpang biasanya tidak perlu turun dari pesawat saat transit, tetapi bukan tidak mungkin terjadi pergantian pesawat.