Pemindaian Wajah untuk Check-In

February 17th, 2017 / / Comments Off on Pemindaian Wajah untuk Check-In
Posted in Newsflash

Untuk menghindari antrian di loket check-in yang sering menjadi alasan keterlambatan penumpang saat boarding, sebuah teknologi baru sedang dalam uji coba di Bandara Internasional Schiphol, Amsterdam, Belanda.

Setelah teknologi sidik jari, Bandara Internasional Schiphol bekerja sama dengan maskapai penerbangan KLM menguji teknologi baru bernama Biometric Boarding Gate. Dengan teknologi ini, nantinya penumpang yang ingin check in tak perlu menunjukkan boarding pass atau data dirinya.

Sebelum memasuki Biometric Boarding Gate, penumpang mesti mendaftarkan data dirinya terlebih dahulu dengan memindai data diri, boarding pass, dan wajah. Setelah proses pemindaian selesai, penumpang tak perlu lagi menunjukkan data diri dan boarding pass. Mereka hanya perlu menunjukkan wajah ke kamera untuk dapat masuk ke pesawat dan tinggal landas. Tak perlu khawatir, data penumpang akan segera dihapus secara otomatis jika perjalanan telah usai dan penumpang telah meninggalkan bandara.

Teknologi baru ini diharapkan dapat berjalan dengan sempurna dan diterapkan di seluruh bandara di Belanda pada tahun 2017 ini.