Pemerintah Thailand Usulkan Wajib Beli Asuransi Perjalanan

June 16th, 2017 / / Comments Off on Pemerintah Thailand Usulkan Wajib Beli Asuransi Perjalanan
Posted in Newsflash

Pada awal Juni 2017, badan pariwisata Thailand telah mengajukan proposal yang mewajibkan wisatawan untuk memiliki asuransi perjalanan sebelum memasuki Negeri Gajah Putih tersebut. Proposal tersebut telah diserahkan dan saat ini tengah dipertimbangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand.

Alasan diberlakukannya kebijakan tersebut disebabkan karena tingginya biaya perawatan medis yang harus dihabiskan wisatawan yang tidak memiliki asuransi perjalanan.

Phuket sebagai salah satu destinasi favoritnya terutama disoroti karena tingkat kecelakaan yang dialami wisatawan di sana cenderung tinggi. Sebagian besar wisatawan tidak bisa membayar biaya rumah sakit mereka dan hanya sedikit di antara mereka yang memiliki asuransi perjalanan.

“Setidaknya wisatawan harus menghabiskan biaya sekitar tiga miliar baht atau setara 88 juta dolar AS per tahun untuk melakukan perawatan medis di rumah sakit milik negara. Kita perlu mendorong usulan ini secepat mungkin karena masalahnya sudah semakin serius,” ujar Direktur Keamanan dan Keselamatan Pariwisata, Jaturon Phakdeewanit.

Untuk mempertimbangkan hal ini, pihak Kementerian Pariwisata Thailand akan melakukan diskusi dengan beberapa operator pariwisata terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah akan menetapkan peraturan tersebut atau sebaliknya. Nantinya dokumen asuransi perjalanan ini akan diperiksa di loket imigrasi saat kedatangan, kerena banyaknya wisatawan yang tidak memerlukan visa untuk memasuki Thailand.

Kebijakan yang dicanangkan Thailand ini berpotensi membuat biaya liburan ke sini menjadi lebih mahal. Meskipun demikian, para pejabat sangat ingin merealisasikan kebijakan tersebut karena permasalahan perawatan medis sudah menjadi masalah yang mendesak.

Pariwisata memang menjadi industri utama di Thailand di mana lebih dari 14 juta orang telah mengunjungi negara ini di tahun 2017. Data pariwisata Thailand mencatat kunjungan wisatawan yang datang ke Thailand pada 2015 bahkan mencapai 32,59 juta pengunjung. Keindahan pantai, panorama alam yang menakjubkan, bangunan-bangunan sejarah yang menarik, kehidupan kota yang ramai, penduduk yang ramah, serta berbagai hidangan kuliner yang lezat menjadi daya tarik utama bagi pariwisata Thailand itu sendiri.