Pemerintah Targetkan Pembangunan Bandara Baru

April 8th, 2015 / / Comments Off on Pemerintah Targetkan Pembangunan Bandara Baru
Posted in Newsflash

Semakin tingginya apresiasi masyarakat pada dunia pariwisata Indonesia membuat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan terus berbenah diri untuk meningkatkan layanan dan infrastruktur untuk memajukan sektor pariwisata Indonesia. Salah satunya adalah peningkatan dalam pembangunan infrastruktur penerbangan yang merupakan moda transport utama utama untuk membawa wisatawan masuk ke Indonesia

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetyo mengatakan selama lima tahun terakhir, jumlah penumpang pesawat terus naik tiap tahunnya.

“Jumlah penumpang itu naik 15 persen. Dari tahun 2010 hingga 2014 itu totalnya ada 335 juta penumpang,” kata Suprasetyo saat menghadiri acara Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2015 di JCC Senayan, Jumat (3/4/2015).

Suprasetyo menjelaskan bahwa jumlah penumpang pada tahun 2010 sebanyak 52 juta penumpang, tahun 2011 sebanyak 60 juta penumpang, 2012  sebanyak 71 juta penumpang, serta 2013 dan 2014 masing-masing sebanyak 76 juta penumpang.

Tentu saja kebutuhan akan renovasi bandara atau pembangunan bandara baru pasti dibutuhkan. Namun, Suprasetyo menyayangkan tingginya angka penumpang pesawat terbang tersebut tidak dibarengi dengan kesiapan infrastruktur serta kesiapan penunjang lainnya.

“Sayangnya tidak dibarengi kesiapan infrastuktur dan kesiapan lainnya. Maka dari itu tahun 2015, Kemenhub akan investasi Rp 11 triliun untuk pembangunan bandar udara di seluruh Indonesia,” katanya.

Suprasetyo juga menjelaskan bahwa pembangunan bandara tersebut akan diutamakan pada daerah-daerah rawan bencana yang tersebar dalam 57 lokasi. Sementara untuk daerah perbatasan sebanyak 26 lokasi. Daerah terisolir juga akan dibangun sebanyak 49 bandara. Juga sebanyak 14 bandara yang mengalamai perpanjangan landasan pacu dan pembangunan terminal baru.