Pemerintah Prancis Juga Accor Menyediakan Kamar Hotel Bagi Tunawisma Selama Lockdown Berlangsung

March 23rd, 2020 / / Comments Off on Pemerintah Prancis Juga Accor Menyediakan Kamar Hotel Bagi Tunawisma Selama Lockdown Berlangsung
Posted in Newsflash

Pandemik Covid-19 menyerang dahsyat negara-negara di Eropa. Sejumlah negara telah melakukan lockdown, penguncian negara untuk mencegah penyebaran virus. Prancis adalah negara berikutnya yang mengambil langkah sama dengan melakukan lockdown mulai 17 Maret 2020. Tiap warga selama 15 hari mesti berada di kediamannya masing-masing dan wajib mesti mengisi formulir setiap meninggalkan rumah untuk alasan pekerjaan, kunjungan ke dokter/apotek, alasan keluarga yang mendesak, atau belanja.

Efek lockdown berarti berhentinya mobilitas warga karena mereka disarankan untuk tidak keluar rumah, sedangkan bagi tunawisma, lockdown menimbulkan problem akomodasi yang aman dan terjamin sanitasinya. Untuk itu pemerintah Prancis membuka kamar hotel bagi tunawisma selama pandemik Covid-19.

Paris menjadi kota pertama yang membuka kamar hotel dan menyediakan lebih dari 170 kamar bagi kaum tunawisma. Grup hotel Prancis, Accor juga menjanjikan 600 kamarnya di seluruh Prancis untuk ditempati sepanjang masa pandemik. Diperkirakan terdapat sekitar 250.000 tunawisma yang berada di Prancis.