Pembatasan Perjalanan Masih Diterapkan di Uni Emirat Arab

June 18th, 2020 / / Comments Off on Pembatasan Perjalanan Masih Diterapkan di Uni Emirat Arab
Posted in Newsflash

Abu Dhabi memperpanjang pembatasan perjalanan ke dan dari emirat Abu Dhabi (negara bagian) untuk mengontrol mobilitas warganya dan mencegah penyebaran virus corona. Larangan bepergian ini sudah berlangsung pada 2 Juni dan bagi warga yang ingin bepergian, wajib mengantongi surat izin perjalanan antar wilayah.

Larangan perjalanan ini tidak berlaku bagi karyawan dari sektor vital, pasien dengan penyakit kronis yang ingin mengunjungi rumah sakit, atau mereka yang mengangkut barang. Bagi mereka yang hendak bepergian dengan transportasi udara, wajib menunjukkan tiket pesawat di perbatasan sebagai pengganti surat izin.

Pada 17 Juni, Uni Emirat Arab (UEA) mencatat 42.982 kasus Covid-19, dengan 28.661 orang sembuh, dan 293 orang meninggal. Walau begitu, pemerintah UEA menyatakan bahwa warga lokal akan diizinkan untuk melakukan perjalanan keluar negeri pada 23 Juni.

Sejak 24 Maret, UEA menutup perbatasannya dari penerbangan komersial dan hanya memberi izin bagi penerbangan repatriasi di Bandara Dubai dan Abu Dhabi. Kini, warga lokal dapat terbang ke beberapa tujuan namun belum ada pernyataan resmi mengenai prosedur yang akan diterapkan.

Sedangkan bagi wisatawan asing yang akan berkunjung ke UEA, pemerintah memperkirakan sekitar Agustus atau September, tentunya semua pendatang yang tiba harus menjalani karantina selama 14 hari. Agen-agen perjalanan diharapkan dapat beroperasi lagi seperti semula sekitar Agustus atau September dan siap menawarkan paket-paket perjalanan lengkap, mulai dari tiket pesawat, hotel, tur dengan opsi destinasi populer di Timur Tengah.