Paspor Paling Berpengaruh 2021, Jepang Nomor Satu, Indonesia Nomor Berapa?

January 11th, 2021 / / Comments Off on Paspor Paling Berpengaruh 2021, Jepang Nomor Satu, Indonesia Nomor Berapa?
Posted in Newsflash

Selandia Baru tak lagi memiliki paspor terkuat di dunia. Posisinya digeser oleh Jepang dalam peringkat global terbaru yang dirilis Henley Passport Index.

Meskipun perjalanan internasional masih terbatas, termasuk bagi warga Indonesia, karena pandemi yang masih berlangsung, indeks tersebut tetap dibuat untuk memeringkat negara berdasarkan akses lintas batas yang mereka miliki, selain menetapkan skor bebas visa berdasarkan jumlah negara yang dapat dikunjungi oleh pemegang paspor tanpa visa atau dengan visa kedatangan. 

Jepang memuncaki daftar paspor paling berpengaruh di dunia, dengan warganya dapat mengakses 191 negara tanpa visa. Ini adalah kali ketiga Jepang menempati peringkat pertama, baik sendiri maupun bersama Singapura.

Singapura sendiri berada di urutan kedua dengan skor 190. Selanjutnya, ada Jerman dan Korea Selatan yang menempati posisi ketiga, masing-masing dengan skor 189. 

Selandia Baru yang sebelumnya menempati peringkat teratas dalam daftar tersebut kini harus puas di posisi ketujuh bersama Belgia, Norwegia, Swiss, Inggris, dan Amerika Serikat.

Sementara itu, Indonesia bersama Tanzania, Tunisia, dan Zambia menempati urutan ke-74 dari total 110 peringkat, dengan warganya dapat mengakses 71 negara tanpa visa. Peringkat terakhir ditempati oleh Afghanistan, dengan skor bebas visa 26. 

Berikut adalah daftar peringkat 10 teratas berikut skor bebas visanya. 

1. Jepang (191)
2. Singapura (190)
3. Jerman, Korea Selatan (189)
4. Finlandia, Italia, Luxemburg, Spanyol (188)
5. Austria, Denmark (187)
6. Prancis, Irlandia, Belanda, Portugal, Swedia (186)
7. Belgia, Selandia BaruNorwegia, Swiss, Inggris, Amerika Serikat (185)
8. Australia, Ceko, Yunani, Malta (184) 
9. Kanada (183)
10. Hungaria (182)