Pasar Wisata Sellers dan Buyers Terbesar di Jakarta

December 4th, 2014 / / Comments Off on Pasar Wisata Sellers dan Buyers Terbesar di Jakarta
Posted in Newsflash

Mulai 2 hingga 5 Desember 2014, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Jakarta Tourism Business Forum (JTBF) 2014, sebuah forum untuk mempertemukan para pelaku industri pariwisata dari puluhan kota di Indonesia dan beberapa negara ASEAN. Seratus di antaranya berasal dari berbagai sektor, seperti hotel, maskapai penerbangan, objek wisata, transportasi, pusat perbelanjaan, dan biro perjalanan wisata, yang berperan sebagai Sellers, sementara 194 lainnya yang berperan sebagai Buyers merupakan para pelaku industri pariwisata dari biro perjalanan wisata di 30 kota di Indonesia dan enam negara ASEAN.

Sesi Table Top, yang dilangsungkan di Hotel Millennium Sirih Jakarta yang berlangsung pada 3 Desember 2014, merupakan kegiatan Business to Business berbentuk pasar wisata, yang mempertemukan sellers dan buyers secara langsung. Pertemuan dilakukan dalam satu ruangan luas, dengan susunan meja dan kursi tanpa pembatas, selama satu hari sejak pagi hingga sore, dengan kegiatan yang dilakukan adalah penjajagan sampai dengan negosiasi.  “Melalui Table Top ini, kami harapkan kemitraan dan hubungan bisnis antara pelaku industri pariwisata Jakarta, dengan biro perjalanan wisata se Indonesia dan ASEAN semakin meningkat dan menguntungkan kedua belah pihak,” kata Arie Budhiman, Kepala Disparbud DKI Jakarta, yang menargetkan bisa terjadi nilai kesepakatan sekitar 15 miliar dari ajang JTBF 2014 ini.

Berdasarkan data Disparbud DKI Jakarta tahun 2014 per September 2014 lalu, jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke Jakarta berjumlah 24,3 juta, dan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jakarta berjumlah 1,7 juta. “Diharapkan di tahun mendatang, akan semakin banyak wisatawan berkunjung menikmati semaraknya kota Jakarta. Untuk memenuhi target tersebut, tentu diperlukan usaha oleh seluruh pemangku kepentingan industri pariwisata Jakarta,” ujar Arie Budhiman.

Di hari kedua JTBF 2014 ini, selain Table Top, ada juga Media Trip, yakni kunjungan wisata khusus rekan-rekan media, yang kali ini berkesempatan menikmati tur Monumen Nasional (Monas) menaiki atas puncak Monas, dilanjutkan dengan menjajal kapal cruise Quicksilver dan menikmati matahari sore di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta Utara (Marina Batavia). JTBF 2014 masih akan berlangsung di hari ketiga dengan Jakarta City Tour, yakni, kunjungan wisata ke sejumlah destinasi wisata dan pusat perbelanjaan Jakarta, seperti Pulau Bidadari, Kota Tua (Museum Fatahillah), Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Thamrin City, Mangga Dua, Pasaraya, hingga Rawa Bening.