Pantai Pecahan Kaca Rusia

February 9th, 2017 / / Comments Off on Pantai Pecahan Kaca Rusia
Posted in Newsflash

Berlokasi di Ussuri Bay, 30 menit berkendara dari Kota Vladivostok, Rusia, pantai dengan pasir warna-warni ini mirip dengan yang ada di Fort Bragg, California, Amerika, Serikat. Warna-warni tersebut merupakan pecahan kaca yang telah halus karena proses alami selama bertahun-tahun.

Pada era Uni Soviet, karena terpencil dan memiliki pasir hitam yang tidak menarik,  Ussuri Bay ini dijadikan tempat pembuangan botol kaca bekas minuman, selain digunakan sebagai tempat pembuangan kaca yang tidak diinginkan oleh pabrik porselen lokal. Tak hanya itu, karena dianggap daerah berbahaya, masyarakat pun dilarang mendekati area ini.

Setelah bertahun-tahun lamanya, pantai ini menjadi pantai yang indah karena diselimuti banyak kerikil warna-warni yang memenuhi garis pantainya. Gelombang Samudera Pasifik dan suhu dingin ternyata mengubah botol-botol kaca bekas minuman dan porselen ini menjadi karya alam yang menakjubkan. Pecahan kaca dan porselen tersebut tak lagi tajam tapi sudah berubah menjadi batuan indah warna-warni. Karena keindahan ini pula, Ussuri Bay kembali didatangi oleh para wisatawan yang penasaran dengan pantai warna-warni yang kini dikenal dengan nama Glass Beach.

Musim panas adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Glass Beach karena dapat bermain air, selain berjalan-jalan di atas pantainya yang warna-warni. Namun tak jarang wisatawan juga berkunjung ke sini pada musim dingin kala sebagian bibir pantai tertutup salju hingga menghadirkan panorama yang lebih dramatis untuk diabadikan.